Science Center Singapore : Wisata Edukasi Ilmu Pengetahuan dan Sains

Science Center Singapore : Wisata Edukasi Ilmu Pengetahuan dan Sains

Last updated:

Jika membicarakan tentang tujuan wisata yang terkenal dan populer, Singapore adalah salah satunya. Negara ini menjadi tujuan wisata favorit banyak turis karena menawarkan berbagai tempat wisata yang menyenangkan untuk dikunjungi. Sebut saja Marina Bay Sands, Adventure Cove Waterpark, dan Science Center Singapore.

Jika Anda lebih menyukai wisata edukasi, Singapore Science Center bisa menjadi pilihan Anda. Tempat wisata edukasi ini memiliki koleksi terbesar materi ilmu pengetahuan dan pendidikan di Singapure. Singapore Science Center adalah tempat yang sangat cocok untuk dikunjungi terutama jika Anda berlibur bersama sang buah hati.

Wahana Edukasi Science Center Singapore

Mengenal Science Center Singapore

Singapore Science Center buka setiap hari, mulai pukul 10:00 hingga 18:00, dengan jam masuk terakhir pukul 17:15. Tempat wisata ini ideal bukan hanya untuk para penggemar science, tapi juga untuk mereka yang hanya ingin bersenang-senang.

Disini, Anda akan melihat banyak hal menakjubkan yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan dan science. Seperti sebuah mesin yang bisa dinyalakan hanya dengan panas dari telapak tangan Anda. Anda juga bisa seolah-olah berjalan menyusuri pusat bumi dan melihat lapisan-lapisan planet yang kita tinggali ini.

Data Fakta Singapore Science Center

Negara : Singapura

Kota : Singapore

Alamat :  15 Science Centre Rd, Singapore 609081

Nomor Telepon : +65 6425 2500

Jenis Wisata : Edukasi

Website : https://www.science.edu.sg/

Dibuka : 10 Desember 1977

Atraksi Science Center Singapore

Tempat wisata ini memiliki lebih dari seribu pameran interaktif yang mencakup 14 galeri. Sehingga, masih ada banyak hal dan tempat seru lainnya yang bisa Anda lakukan dan jelajahi di Singapore Science Center.

Baca Juga :  Clarke Quay Singapura : Menikmati Gemerlap Hiburan Malam di Pinggir Sungai

Jika Anda atau anak Anda menyukai flora, kunjungi saja Ecogarden. Di Ecogarden, Anda akan bisa menyaksikan berbagai tumbuhan yang tumbuh secara alami tanpa perawatan khusus apapun. Di galeri Defending Science, Anda bisa menikmati koleksi teknologi penerbangan, pakaian tempur, pengawasan, dan juga radar. Semua teknologi tersebut adalah yang terbaru yang digunakan di medan perang. Di Quirky, Anda bisa belajar sains lebih seru dengan adanya beragam inovasi unik yang ditampilkan.

Omni Theatre

Terdapat 2 atraksi utama lainnya yang ada di Science Center Singapore. Yang pertama adalah Omni Theatre. Omni Theatre adalah satu-satunya teater kubah IMAX yang ada di Singapura. Teater ini dilengkapi dengan layar kubah setinggi 5 lantai yang dipastikan akan mencuri perhatian Anda dan membuat Anda takjub.

Disini, Anda bisa menyaksikan beruang yang menari atau mammoth berbulu dan bertaring yang menjadi hidup di layar raksasa. Omni Theatre buka dari hari Senin sampai Jumat mulai pukul 12:00 sampai 18:00. Pada akhir pekan, libur sekolah, dan libur nasional, teater ini buka mulai pukul 12:00 hingga 19:00.

Snow City

Atraksi utama lainnya adalah Snow City. Di Snow City, Anda akan bisa menikmati sensasi salju saat musim dingin tanpa perlu pergi ke negara 4 musim. Snow City adalah wahana salju indoor permanen pertama di Singapura. Wahana ini bersuhu di bawah titik beku yaitu mencapai -10 derajat celcius.

Ada banyak hal seru yang bisa Anda lakukan sembari menikmati salju di Snow City. Seperti, melesat menuruni lereng bersalju dengan snow tube sambil melihat patung-patung binatang yang sudah punah. Di Snow City, Anda bisa mengetahui lebih dalam berbagai hal mengenai sifat es, salju, dan air. Jangan lupa untuk menyaksikan The Snow Show, yaitu pertunjukkan di atas es.

Baca Juga :  Orchard road : Tujuan Wisata Belanja Legendaris di Singapura

Karena suhu udara yang super dingin, Anda akan disediakan oleh pihak Snow City pakaian hangat dan juga jaket tebal. Sensasi salju dan musim dingin di wahana ini terasa nyata karena salju benar-benar turun di Snow City. Snow City buka setiap hari dari pukul 10:00 hingga 18:00.

Sedangkan di hari libur sekolah dan hari libur nasional, wahana ini buka dari pukul 10:00 hingga 19:00. Di galeri The Science of Fear, Anda bisa bersenang-senang phobia. The Science of Fear adalah wahana bertema fobia pertama di Benua Asia. Di wahana ini, Anda akan merasakan pengalaman yang seru sekaligus mendebarkan.

The Science of Fear

Di The Science of Fear, Anda bisa merasakan berbagai macam hal yang bisa memacu adrenalin Anda. Seperti naik jet coaster, merasakan turbulensi pesawat, bertemu binatang buas, berbicara di depan publik, dan masih banyak lagi. Namun jangan khawatir, karena semua aktifitas di The Science of Fear aman untuk dilakukan.

The Mind’s Eye

Disini, Anda bisa mengeksplor ketakutan-ketakutan yang ada pada diri Anda. Atau, Anda bisa mengunjungi Mind’s Eye untuk masuk ke dunia ilusi. Di wahana ini, Anda akan merasa dunia ilusi terasa nyata. Berbagai macam ilusi dan persepsi manusia ditampilkan di Mind’s Eye. Saat mengunjungi wahana ini, Anda akan dibuat terheran-heran dan takjub.

Contohnya, terdapat gambar pintu 3 dimensi di Mind’s Eye. Saat Anda berjalan melewati gambar pintu 3 dimensi ini, Anda akan merasa gambar pintu-pintu tersebut menutup. Terdapat pula gambar seekor jerapah, yang jika Anda melihatnya dari sudut yang berbeda, maka gambar jerapah tersebut berubah menjadi gambar seekor gajah.

Ada pula sebuah ilusi foto yang menampilkan kursi raksasa. Jika Anda duduk disana, Anda akan terlihat kecil. Wahana ini cocok untuk Anda yang ingin mengenalkan konsep ilusi kepada buah hati Anda.

Baca Juga :  Panduan Wisata Singapura : Surga Belanja Dengan Atraksi Spektakuler

Labirin Cermin

Science Center Singapore juga memiliki labirin cermin terbesar di Asia. Di wahana ini, Anda akan ditantang untuk menemukan jalan keluar. Keempat sisi labirin kaca ini terlihat seolah sama, sehingga Anda harus meraba-raba untuk mengetahui apakah itu cermin asli atau jalan.

Wahana ini akan melatih kerja sama tim jika Anda mengunjunginya bersama keluarga atau teman. Anda akan mempererat hubungan keluarga dan persahabatan Anda sembari mencari jalan keluar dari labirin kaca terbesar di Asia ini. Jika Anda dan keluarga atau sahabat menyukai tantangan, jangan melewatkan untuk mengunjungi wahana ini saat Anda berlibur ke Singapore Science Center.

Pertunjukkan dan peragaan di Singapore Science Center dijadwalkan setiap hari. Dan semua pertunjukkan dan peragaan tersebut dirancang sedemikian rupa sehingga belajar sains terasa lebih menyenangkan. Selain itu, semuanya aman. Anda bisa menyaksikan Fire Tornado Demonstration dengan aman atau melihat kecoa raksasa yang mendesis di tangan Anda secara dekat.

Anda juga bisa menikmati langit yang penuh bintang di observatorium. Semua kegiatan yang bisa dilakukan di Singapore Science Center dipastikan aman. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir untuk membawa keluarga Anda berlibur dan belajar di tempat wisata ini. Tidak hanya menyenangkan, anak Anda juga bisa belajar sains dengan aman.

Kesimpulan

Bukan hanya anak-anak, orang dewasa pun juga pasti akan belajar sesuatu yang baru di Science Center Singapore. Terlebih, Anda akan belajar sesuatu yang baru dengan cara yang menyenangkan. Anda yang bukan penggemar science pun akan terhibur dengan semua aktivitas menyenangkan dan unik yang tersedia di tempat wisata ini. Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa mengunjungi situs resmi Visit Singapore. Apakah Anda tertarik untuk mengunjungi Science Center Singapore?

Berita Menarik Lainnya
Science Center Singapore : Wisata Edukasi Ilmu Pengetahuan dan Sains
Menjelajahi Sentosa Island yang Penuh Dengan Beragam Atraksi
error: Kontent dilindungi !!