SEA Aquarium Singapore : Akuarium Terbesar di Asia Tenggara Terletak di Sentosa Island

SEA Aquarium Singapore : Akuarium Terbesar di Asia Tenggara Terletak di Sentosa Island

Sentosa Island di Singapura menawarkan beragam hiburan yang cocok untuk semua kalangan. Pengunjung bisa bermain golf, mengeksplorasi Universal Studio, dan lain sebagainya. Destinasi wisata yang harus Anda kunjungi di Sentosa Island adalah SEA Aquarium Singapore.

Akuarium ini merupakan yang terbesar di Asia Tenggara dan Anda akan mendapatkan pengalaman tak terlupakan jika mengunjunginya. SEA Aquarium Singapore adalah tempat di mana lebih dari 100.000 makhluk laut berkumpul. Hewan-hewan ini datang dari belahan dunia mana saja dan sedikitnya ada 800 spesies yang bermukim di sini.

SEA Aquarium menawarkan pengalaman wisata yang tidak bisa dibandingkan dengan destinasi wisata mana pun di Singapura bahkan di Asia Tenggara. Tidak heran jika tempat ini sangat populer di kalangan wisatawan mancanegara. SEA Aquarium mendapat penghargaan the Best Learning and Travel Experience Award dari 2015 Singapore Experience Award karena pengalaman wisata lautnya.

Sekilas tentang SEA Aquarium Singapore

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, akuarium ini merupakan yang terbesar di Asia Tenggara. Akuarium ini dirancang dan dibangun seperti replika laut dan terdiri dari 10 zona. Beberapa zona di antaranya meliputi the Open Ocean, danau-danau di Afrika Timur, Samudera Hindia dan Laut Lashadweep, Selat Karimata dan Laut Jawa, Selat Laut Cina Selatan, dan the zona Laut Merah.

suasana SEA Aquarium Singapore
Suasana SEA Aquarium Singapore

Di akuarium ini pengunjung akan menemui berbagai macam hewan laut termasuk mereka yang jumlah populasinya semakin menurun dari masa ke masa dan hewan-hewan unik lainnya. Di sini, Anda bisa menemukan Giant Crabs, Groupers, Reef Manta Ray, Giant Moray Eel, dan Hammerhead Sharks.

Baca Juga :  Science Center Singapore : Wisata Edukasi Ilmu Pengetahuan dan Sains

Akuarium ini memiliki sedikitnya 50 habitat dan juga memberikan penawaran spesial untuk para pengunjungnya. Penawaran spesialnya antara lain VIP Tours dan Ocean Dreams yang merupakan pengalaman unik di mana Anda bisa bermalam  “di bawah laut”. Untuk mendapatkan pengalaman terbaik ketika mengunjungi SEA Aquarium, Anda bisa sekaligus menikmati Adventure Cove Waterpark di mana nantinya Anda mendapatkan pengalaman Marine Life Park.

SEA Aquarium buka setiap hari dari jam 10 pagi hingga 7 malam. Tiket dijual berdasarkan beberapa kategori seharga mulai dari SGD 35.

Data Fakta SEA Aquarium Singapore

Negara : Singapura

Kota : Singapore

Alamat : 8 Sentosa Gateway, Sentosa Island, Singapore 098269

Jenis Wisata : Aquarium

Website : https://www.rwsentosa.com/en/attractions/sea-aquarium/explore

Peraturan Mengunjungi SEA Aquarium

Pengunjung tidak diperbolehkan membawa makanan dan minuman dari luar akuarium. Tapi Anda tidak perlu khawatir karena terdapat banyak booth makanan dan minuman di dalam. Selain itu, pengunjung hanya diperbolehkan makan dan minum di area yang sudah dipersiapkan. Perlu diingat bahwa Anda tidak diperbolehkan makan dan minum di dekat akuarium.

Tempat ini bebas asap rokok tapi telah disiapkan beberapa spot untuk Anda yang perlu merokok. Jika Anda ingin merokok, pastikan Anda melakukannya di tempat yang telah disediakan.

Pengunjung bisa mengambil gambar selama tour di akuarium. Namun perlu dicatat bahwa pengunjung harus mematikan flash kamera karena akan mengganggu ikan-ikan dan hewan laut lainnya yang ada di akuarium. Selain itu, hewan lain tidak diperkenankan masuk ke akuarium kecuali service animals dengan beberapa ketentuan.

Hal yang disukai dari SEA Aquarium

SEA Aquarium tidak diragukan lagi “keajaibannya” dalam menyuguhkan wisata edukasi untuk berbagai kalangan usia di Singapura. Menyandang titel sebagai akuarium terbesar se-Asia Tenggara, salah satu destinasi wisata di Sentosa Island ini akan membawa Anda melihat ikan-ikan dan hewan laut lainnya dari dalam tank besar. Tempat ini merupakan bagian paling favorit menurut para pengunjung.

Baca Juga :  Chinese Garden Singapore : Taman dengan Disain Lansekap ala Tiongkok di Kota Singapura
Aquarium Raksasa SEA Aquarium Singapore
Aquarium Raksasa SEA Aquarium Singapore

Akuarium ini merupakan tujuan wisata yang sangat disarankan apalagi orang tua dapat mengajari anaknya tentang jenis-jenis hewan di laut dan makhluk. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, tempat ini memiliki koleksi ikan pari yang lengkap dan lebih dari 1.000 spesies mahluk laut bisa ditemukan di sini.

Kalau Anda menginginkan sesuatu yang lebih eksklusif dan berkesan, Anda bisa membeli tiket untuk Ocean Dreams dan VIP Tour. Anda akan berkesempatan untuk melihat hewan-hewan laut tersebut dari jarak dekat, berinteraksi dengan mereka, bahkan menyaksikan ikan-ikan tersebut diberi makan.

Hal yang tidak terlalu disukai dari SEA Aquarium

Namun beberapa orang mengeluhkan bagaimana ramainya tempat ini di tanggal-tanggal tertentu. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, SEA Aquarium merupakan akuarium terbesar di Asia Tenggara. Tempat ini juga menjadi salah satu daya tarik utama di Sentosa Island.

Mengunjungi tempat ini di hari libur akan membawa Anda ke tengah-tengah keramaian yang mungkin akan mengurangi esensi dari kunjungan Anda. Maka dari itu, kami sangat menyarankan untuk mengunjungi tempat ini di hari kerja atau ketika bukan musim liburan.

Tips Mengunjungi SEA Aquarium Singapore

Untuk menghindari keramaian Anda bisa datang lebih awal. Biasanya keramaian mulai datang di pukul 12 siang. Jika Anda memulai tour di akuarium ini jam 10 pagi, maka Anda punya beberapa jam yang lengang untuk menikmati pertunjukan yang ada. Selain itu, weekdays adalah saat yang tepat untuk mengunjungi tempat ini.

Sangat disarankan untuk membawa minum karena tempat ini sangat luas dan waktu yang Anda miliki akan lebih banyak dihabiskan untuk berdiri dan berjalan. Tempat ini akan selalu ramai sehingga akan lebih baik jika Anda tidak menunggu orang lain di depan Anda berjalan.

Baca Juga :  Cloud Forest : Hutan Berkabut di Antara Belantara Beton Kota Singapore

Di tempat ini, Anda bisa menikmati makan siang di Ocean Restaurant. Tempat ini menyuguhkan menu yang enak dan pemandangan yang menarik. Namun sebaiknya Anda membuat reservasi sebelumnya karena tempat ini sering full.

Tiket dan Hiburan

Jika Anda membeli tiket standar, Anda sudah bisa menyaksikan lebih dari 100.000 hewan lain dari sedikitnya 1.000 spesies di dalam akuarium. Anda bisa mengeksplorasi 10 habitat laut yang akan membawa Anda ke seluruh perairan di dunia.

Pintu Gerbang SEA Aquarium Singapore
Pintu Gerbang SEA Aquarium Singapore

VIP Tour akan menyuguhkan pengalaman yang lebih eksklusif. Pengunjung VIP Tour mendapatkan akses langsung ke akuarium, melihat hiu-hiu diberi makan dan hewan-hewan lain dirawat dengan baik oleh para petugas di sini. Tour akan berlangsung selama tiga jam dan Anda juga bisa berinteraksi dengan Manta Ray! Biasanya VIP Tour dimulai beberapa jam sebelum akuarium dibuka untuk umum sehingga pengunjung akan menikmati tour dengan tenang dan damai.

Ocean Dreams adalah tiket yang akan memberikan pengalaman menarik yaitu bermalam di akuarium. Tour akan dimulai tepat setelah akuarium ditutup untuk umum dan Anda pun akan mendapatkan tour eksklusif selama 90 menit dengan tim profesional dari SEA Aquarium. Selain itu, Anda akan menyiapkan makanan untuk hewan-hewan di akuarium dan melihat aktivitas rutin mereka. Akan ada sesi pembelajaran, dongeng, games, dan hal menarik lainnya bersama hewan-hewan laut bersama pakar yang sudah disiapkan. Dan nantinya Anda akan tidur bersebelahan dengan ikan di dalam sleeping bags!

Kesimpulan

Jika Anda datang ke sini dengan keluarga dan anak-anak, mungkin Anda bisa mengunjungi teater Typhoon. Anak-anak akan menyukai pertunjukan di sini. Beberapa spot seperti Coral Reef, Moray Eels, Sharks, dan Jellyfish pantang untuk dilewatkan. Anda juga harus mengunjungi the Open Ocean Habitat karena tempat ini merupakan esensi dari SEA Aquarium.

Berita Menarik Lainnya
Cara Menggunakan JR Pass di Jepang untuk Menghemat Ongkos Transportasi
Cara Menggunakan JR Pass di Jepang untuk Menghemat Ongkos Transportasi
error: Kontent dilindungi !!