Shinjuku : Distrik Belanja dan Hiburan Terkenal di Tokyo

Shinjuku : Distrik Belanja dan Hiburan Terkenal di Tokyo

Last updated:

Liburan ke luar negeri tidak hanya menawarkan pengalaman mengunjungi tempat dan lokasi kesukaan para turis. Banyak orang yang menjadikan peluang ini sebagai kesempatan untuk berbelanja khususnya barang hingga makanan yang tidak ada di negara asalnya. Jepang merupakan sebuah negara dengan budaya yang unik, cuaca yang indah serta masyarakat yang ramah dan menyenangkan. Tidak hanya itu, beberapa tempat di Jepang merupakan surga belanja bagi wisatawan maupun penduduk lokal salah satunya adalah Shinjuku.

Kata Shinjuku sendiri memiliki arti belanja, makan dan pesta. Kata tersebut sangat sesuai untuk menggambarkan area tersebut. Disini terdapat banyak pusat perbelanjaan yang megah hingga kios – kios kecil, tempat makan, toko elektronik, hingga toko musik.

Tempat ini juga menawarkan barang – barang unik serta souvenir yang menarik bagi kalian para wisatawan asing. Jika kamu senang berbelanja dan menikmati keramaian kota dengan masyarakat serta gaya hidup yang unik, Shinjuku harus masuk dalam daftar kunjungan anda saat berlibur di Jepang.

Mengenal Shinjuku

Shinjuku adalah sebuah distrik yang terletak di bagian barat kota Tokyo dan dinobatkan sebagai 7 pusat metropolitan di Tokyo. Berdiri pada tanggal 15 Maret 1947, area ini telah menjadi  pusat perbelanjaan yang ramai. Daerah ini juga merupakan tempat pergantian kereta sehingga stasiun Shinjuku menjadi salah satu Stasiun terpadat dan ramai. Distrik terkenal di Jepang ini merupakan pusat pemerintahan Tokyo dengan luasan area sebesar 18,23 km persegi. 

Suasana Pertokoan Shinjuku
Suasana Pertokoan Shinjuku

Area ini dibagi menjadi dua bagian berdasarkan jalur kereta yang melewati stasiun Shinjuku yakni bagian timur yang dikenal dengan nama Higashi Shinjuku dan bagian barat atau Nishi Shinjuku. 

Baca Juga :  Jelajahi Keajaiban Dunia Bawah Laut di DisneySea Tokyo

Nuansa Nishi Shinjuku memancarkan kekayaan dan kekuasaan dengan bangunan – bangunan pencakar langit. Salah satu bangunan yang menonjol adalah Gedung Metropolitan Pemerintahan Tokyo yang menjadi tempat 13.000 birokrasi Tokyo yang didesain oleh seorang arsitek terkenal Jepang bernama Kenzo Tange.

Shinjuku memiliki nuansa yang sangat berbeda pada siang dan malam hari. Di siang hari, area ini menonjolkan pusat perbelanjaan yang berbeda – beda. Dari basement Keio tempat anda bisa melakukan tawar menawar, Odakyu, Marui hingga Isetan. Di malam hari, daerah ini berubah drastis menjadi tempat hiburan malam bagi para wisatawan hingga warga lokal. Disini terdapat banyak love hotel, bar, restoran dan hiburan malam lainnya. Kehidupan malam di Shinjuku memang sangat unik dengan gemerlap lampu di setiap sudut area serta gaya hidup dan fashion yang terinspirasi dari karakter anime.

Selain pusat belanja dan hiburan anda juga bisa menikmati kegiatan keluarga seperti mengunjungi taman Shinjuku yang dikenal dengan nama Gyoen Park. Taman ini hanya terletak beberapa menit dari pusat perbelanjaan serta dianggap sebagai taman terbaik yang ada di Tokyo. Selain taman kamu bisa mengunjungi Museum di Shinjuku seperti Seiji Togo Memorial Sompo Museum of Art yang didedikasikan kepada hasil karya Seijo Togo.

Data Fakta Shinjuku

Negara : Jepang

Kota : Tokyo

Jenis Wisata : Belanja dan Hiburan Malam

Website : https://www.env.go.jp/garden/shinjukugyoen/english/

Mengapa Wajib Mengunjungi Shinjuku

Selain menawarkan pemandangan kota yang indah dan teratur bagi para pecinta kegiatan berbelanja, tempat ini wajib dikunjungi karena menawarkan pengalaman belanja yang tak terlupakan dengan barang lengkap dan unik yang tentu saja tidak akan anda temukan di tempat lain. Berikut ini beberapa alasan mengapa anda wajib mengunjungi tempat ini.

Berbagai Macam Brand Terkenal di Dunia

Area berbelanja Shinjuku terbagi menjadi tiga bagian yakni bagian timur, selatan dan barat. Shinjuku-dori Street yang terletak di bagian timur merupakan tempat brand – brand terkenal berada. Anda akan dimanjakan dengan berbagai macam outlet high-end yang menawarkan produk berupa pakaian, tas, sepatu, hingga aksesoris mewah.

Baca Juga :  Mata Uang Jepang Yen dengan Kode JPY dan Simbol ¥ atau JP¥

Anda harus menyiapkan uang yang banyak jika ingin berbelanja di area ini, karena hampir semua outlet menawarkan barang dengan harga yang tinggi. Namun, harga tersebut sangat sesuai dengan kualitas yang anda dapatkan. Bukan hanya outlet terkenal seperti Gucci dan Prada, anda bisa menemukan department store mewah seperti Barney’s New York, Isetan hingga Keio Department Store.

Terdapat Area untuk Tawar Menawar

Jika bagian timur merupakan tempat mewah dengan harga selangit, bagian selatan menawarkan butik dengan gaya fashion terkini dan dengan harga yang jauh lebih terjangkau. Pada beberapa tempat, khususnya di bagian basement terdapat tempat penjualan dimana anda bisa melakukan tawar menawar untuk mendapatkan harga terbaik.

Produk Kecantikan dan Perawatan Khas Jepang

Toko yang menawarkan produk kecantikan hingga perawatan khas Jepang banyak tersebar di beberapa kota di Jepang. Salah satunya terletak di Shinjuku, Tokyo. Di toko ini terdapat ratusan hingga ribuan produk kecantikan yang unik yang tidak bisa anda temukan di tempat lain.

Jepang memang terkenal dengan produk – produk kecantikannya yang lain daripada yang lain. Bukan hanya kecantikan disini anda bisa menemukan peralatan pelangsing, teh hingga krim pelangsing khas Jepang.

Gaya Fashion yang Unik

Unik mungkin merupakan kata yang cocok untuk menggambarkan gaya fashion disini. Memang tidak semua tempat menyediakan produk fashion yang lucu yang terinspirasi dari karakter anime. Namun, anda bisa menemukan banyak toko yang menawarkan gaya tersebut di Shinjuku. 

Souvenir Khas Jepang

Pastinya kalian sudah tidak asing lagi kalau mendengar produk makanan yang aneh dari Jepang. Ya, di Shinjuku anda bisa menemukan produk makanan dengan variasi rasa yang beragam dan bahkan asing bagi wisatawan mancanegara. Pastinya di sini kamu bisa belanja oleh-oleh khas Jepang untuk dibawa ke sanak keluarga.

Tips Saat Mengunjungi Shinjuku

Sebelum pergi berbelanja dan menikmati Shinjuku, ada baiknya anda mempersiapkan beberapa hal. Ini dia tips yang perlu diketahui untuk mengunjungi pusat perbelanjaan teramai di Tokyo ini.

Baca Juga :  Disneyland Tokyo : Taman Bermain Keluarga Paling Hits di Jepang

Perhatikan Cuaca

Banyak yang menganggap enteng, namun cuaca merupakah hal utama yang harus diperhatikan jika mengunjungi tempat ini. Hal ini dikare https://www.jnto.go.jp/ph/spot-activity/kanto/tokyo/shinjuku/shinjuku-gyoen/ nakan anda akan sering berjalan diluar department store sehingga akan sangat membantu jika kondisi cuaca saat itu tidak terlalu panas ataupun tidak hujan.

Sore Hari Adalah Waktu yang Tepat

Mungkin sebagian orang berpikir bahwa datang lebih awal adalah hal yang baik. Tapi jika ingin menikmati Shinjuku secara maksimal sebaiknya datang sore hari. Tidak memungkinkan untuk mengunjungi distrik belanja ini seharian penuh. Apalagi jika anda seorang wisatawan yang memiliki jadwal yang padat. Anda bisa menikmati dua suasana yang berbeda jika mengunjungi tempat ini pada sore hari.

Mencari Tahu Barang yang Akan Dibeli

Pusat perbelanjaan di Shinjuku sangatlah luas. Selain itu gaya hidup disana berbeda dengan gaya hidup orang Indonesia yang senang mengendarai kendaraan bermotor. Disana untuk berpindah-pindah tempat lebih nyaman berjalan kaki atau menggunakan kereta sehingga akan sangat melelahkan jika anda harus berputar – putar mencari barang yang ingin dibeli tanpa mengetahui lokasi dimana produk tersebut dijual. Sebaiknya sebelum pergi lakukan riset terkait lokasi dan barang apa yang ingin dibeli. 

Cara Menuju Shinjuku

Shinjuku memiliki salah satu Stasiun teramai yang dijadikan sebagai tempat transit untuk tujuan ke lokasi lain. Untuk itu, cara terbaik menuju lokasi ini adalah menggunakan kereta. Selain Stasiun Shinjuku anda juga bisa berhenti di stasiun Yoyogi menggunakan jalur kereta Yamanote.

Jika ingin berhenti di Shinjuku Gyoen Garden bisa menggunakan jalur Chuo-Sobu dan berhenti di stasiun Sendagaya. Akan sedikit membingungkan jika menaiki kereta di Jepang untuk pertama kalinya karena jalurnya yang sangat banyak. Untuk itu agar tidak salah jalur atau salah perhentian, sebaiknya anda menggunakan aplikasi untuk mengetahui setiap jadwal kereta dan tujuannya. 

Shinjuku juga memiliki terminal bus yang ramai dikunjungi. Anda bisa menggunakan bus untuk bepergian dari Shinjuku timur ke barat. Namun, terkadang biaya bus bisa lebih mahal dibandingkan dengan biaya kereta. 

Berita Menarik Lainnya
Shinjuku : Distrik Belanja dan Hiburan Terkenal di Tokyo
Panduan Wisata Indonesia dari Sabang Sampai Merauke, dari Miangas Sampai Pulau Rote
error: Kontent dilindungi !!