Shinsaibashi : Surga Belanja di Osaka yang Instagrammable Banget

Shinsaibashi : Surga Belanja di Osaka yang Instagrammable Banget

Bagi sebagian besar orang, tak lengkap rasanya melancong ke luar negeri tanpa membawa buah tangan, baik untuk diri sendiri maupun sanak keluarga. Merekam momen saat berada di destinasi wisata merupakan hal wajib. Tapi membeli barang asli dari negeri tersebut untuk dibawa ke rumah merupakan hal yang tak kalah menariknya.

Jepang sebagai negara tujuan wisata favorit mempunyai segudang barang khas yang sangat kental dengan budaya Negeri Sakura tersebut. Tokyo dan distrik Ginza-nya merupakan nama yang tak asing di telinga para wisatawan yang memburu oleh-oleh Jepang. Berbagai barang dengan merk kelas dunia dijajakan di sana.

Namun, tahukah kamu bahwa ada daerah pusat belanja juga di Jepang selain distrik Ginza? Osaka memiliki Shinsaibashi sebagai pusat perbelanjaan dengan variasi barang yang tak kalah dengan Ginza. Sudah banyak wisatawan yang datang ke sini dan pulang dengan membawa barang-barang berkualitas tinggi. Simak ulasan lengkap tentang Shinsaibashi di bawah ini.

Sejarah Singkat Shinsaibashi

Shinsaibashi merupakan nama salah satu distrik di Osaka. Distrik ini terkenal sebagai pusat perbelanjaan bagi warga lokal maupun wisatawan yang datang ke kota ini. Namun, sebelum menjadi terkenal seperti sekarang ini, Shinsaibashi melalui perjalanan yang cukup panjang.

Nama Shinsaibashi diambil dari nama jembatan yang dibangun oleh Shinsai Okada pada tahun 1622. Jembatan yang bernama Shinsaibashi Bridge ini dibagun melewati kanal Nagahorigawa dan merupakan landmark Osaka pada masanya. Namun, jembatan ini dirobohkan pada tahun 1964 ketika kanal tersebut akan diisi. Meskipun jembatannya sudah tidak ada, nama Shinsaibashi masih digunakan hingga saat ini.

Dulunya, Shinsaibashi tidak seramai sekarang. Pada tahun 1726, Matsuya merupakan pionir yang pertama kali membuka tokonya di kawasan ini. Barang yang dijual merupakan barang tradisional seperti kimono dan bahan tekstil. Matsuya sendiri merupakan nama lama dari swalayan Daimaru yang kini sudah memiliki banyak cabang di Jepang.

Baca Juga :  Bandara Narita Tokyo : Panduan Lengkap Bandara dengan Kode NRT

Di sekitar abad ke 20, barang-barang dari luar negeri mulai masuk dan dijual di kawasan ini. Pada saat yang sama juga, Shinsaibashi tumbuh menjadi kawasan yang sangat berkembang dan bahkan menjadi kawasan pusat perbelanjaan di Osaka. Bahkan, Shinsaibashi dikatakan menyaingi pamor Ginza di Tokyo.

Ada Apa di Shinsaibashi?

Seperti sudah dibahas di awal, Shinsaibashi merupakan distrik yang menjadi pusat perbelanjaan di Osaka. Terdapat banyak sekali jenis barang dari berbagai merk dijual di kawasan ini. Barang-barang lokal maupun barang keluaran Eropa dan Amerika semuanya berjajar di sini.

Shinsaibashi-suji Surga Belanja di Osaka

Shinsaibashi-suji merupakan tulang punggung Shinsaibashi dalam hal pusat perbelanjaan. Shinsaibashi-suji adalah jalan beratap sepanjang kurang lebih 600 meter. Jalan ini terbentang dari Dotonbori di utara ke arah jalan Nagahori Dori. Setidaknya terdapat 180 toko yang mengapit kanan kiri jalan ini.

Bagi kamu yang memang berniat untuk belanja, Shinsaibashi-suji akan menjelma menjadi surga bagi kamu di Osaka. Swalayan, butik, dan toko dengan merk ternama, semua berjajar rapi di jalan ini. Merk-merk terkenal seperti United Arrows, Zara, HnM, Ralph Lauren, dan Calzedonia hadir disini sebagai pilihan belanja kamu. Industri fashion memang cukup mendominasi sepanjang jalanan ini.

Namun, pakaian bukanlah merupakan satu-satunya hal yang bisa kamu temui di Shinsaibashi-suji. Jalan ini juga masih merupakan rumah bagi barang-barang tradisional khas Jepang. Kimono, baik yang baru maupun bekas pakai, dijual di sini. Pajangan-pajangan tradisional khas negeri pun bisa kamu beli di Shinsaibashi-suji. Tapi, kamu harus membuka lebar mata kamu karena beberapa toko yang menjual barang tradisional ini berada di gang-gang yang merupakan cabang dari jalan utama.

Baca Juga :  Shinjuku : Distrik Belanja dan Hiburan Terkenal di Tokyo

Pusat Kuliner seru di Osaka

Di Shinsaibashi-suji terdapat banyak makanan yang dapat kamu beli. Makanan oleh-oleh khas Jepang maupun teh tersedia lengkap di sini. Kamu juga dapat duduk-duduk santai di café yang ada di jalan ini. Namun, café-café di Shinsaibashi-suji mayoritas baru mulai beroperasi dari sore hingga malam hari.

Meskipun Shinsaibashi-suji merupakan pusat perbelanjaan, tapi bukan berarti kamu yang tidak ingin berbelanja tidak bisa datang ke sini. Kamu harus mencicipi pengalaman menyusuri jalan ini sambil melihat-lihat ke sekeliling. Karakter Osaka yang kuat dapat kamu saksikan melalui jalan terkenal ini. Opsi lain yang bisa kamu lakukan di Shinsaibashi-suji adalah menikmati kehidupan malam Osaka dengan mendatangi café-café yang ada di sini.

Shinsaibashi-suji merupakan kawasan yang sangat padat. Pada hari-hari biasa terdapat sekitar 60.000 orang yang memenuhi jalan ini. Di akhir pekan, angka tersebut akan melonjak 2 kali lipat. Bagi kamu yang memang ingin datang ke Shinsaibashi-suji, persiapkan diri kamu akan keramaian dan dinamika yang akan kamu temui di jalan ini.

Apa Yang Istimewa diShinsaibashi?

Meskipun Shinsaibashi banyak disamakan dengan Ginza di Tokyo, faktanya kedua distrik ini cukup berbeda. Ginza merupakan pusat perbelanjaan dengan koleksi barang yang sangat mewah dan mahal. Sementara Shinsaibashi memiliki jenis dan variasi barang yang lebih dapat dinikmati oleh berbagai kalangan.

Jenis dan variasi barang yang merakyat ini tentunya mempengaruhi harga yang dipatok pada barang tersebut. Sudah bukan rahasia jika barang-barang di Shinsaibashi-suji memiliki harga yang jauh lebih bersahabat dibanding Ginza. Oleh karena itu, tak heran banyak wisatawan yang berbelanja oleh-oleh mulai dari pakaian hingga makanan di Shinsaibashi-suji.

Selain itu, Shinsaibashi-suji merupakan jalan yang memiliki atap di sepanjang jalannya. Jadi, kawasan ini merupakan tempat belanja yang aman di berbagai musim. Kamu tidak perlu takut kebasahan karena ada atap yang bernaung di atas kamu. Belanja pun akan terasa lebih nyaman.

Baca Juga :  Kuil Meiji : Kuil Shinto Tempat Pernikahan Pengantin di Jepang

Rekomendasi Tempat Belanja di Shinsaibashi

Shinsaibashi-suji merupakan kawasan yang mampu memanjakan wisatawan. Pilihan yang banyak serta harga yang murah acap kali berhasil memenangkan hati mereka untuk mengeluarkan sejumlah uang dan berbelanja. Jika kamu mengunjungi jalan ini, ada 3 rekomendasi tempat yang dapat kamu tuju untuk memuaskan hasrat belanja tanpa menjebol dompet kamu.

Bic Camera

Bic Camera merupakan tempat dimana kamu bisa menemukan sejumlah alat elektronik unggulan di Jepang. Kamera, laptop, produk rumah tangga, hingga kipas angin dijual lengkap di sini. Meskipun kualitasnya prima, harga di toko ini sangat bersaing.

Daimaru Department Store

Swalayan terkenal di Jepang ini memiliki banyak pilihan barang yang bisa kamu bawa pulang dengan harga terjangkau. Sepatu, baju, perhiasan, makeup semua dapat kamu temukan di sini. Merknya pun bervariasi dari yang harganya selangit hingga yang harganya merakyat.

Don Quijote

Don Quijote merupakan markas besar bagi berbagai produk makanan khas Jepang. Coklat, teh, makanan ringan, kacang-kacangan, semua yang kamu cari ada di sini. Meskipun lengkap, toko ini menjual barangnya dengan harga ramah di kantong.

Akses Menuju Shinsaibashi

Shinsaibashi merupakan kawasan yang dapat diakses dengan mudah. Dari Namba, kamu dapat menaiki subway Midosuji Line untuk menuju Shinsaibashi Station yang berjarak hanya 2 menit. Sementara itu, jika kamu berangkat dari Umeda dengan subway yang sama, perjalanan kamu akan memakan waktu sekitar 6 menit.

Kesimpulan

Berbelanja tak bisa lebih menyenangkan dengan pilihan yang banyak dan lengkap di satu tempat. Shinsaibashi memberikan jawaban atas kebutuhan tersebut. Siapkan kaki kamu dengan baik untuk menyusuri Shinsaibashi-suji dan juga kawasan Shinsaibashi. Siapkan juga isi dompet kamu karena barang-barang yang ada di sini sangat menggoda mata dengan kualitasnya yang prima. 

Berita Menarik Lainnya
Menyusuri Sungai Singapura yang Bersih dan Menarik Minat Wisatawan Mancanegara
Menyusuri Sungai Singapura yang Bersih dan Menarik Minat Wisatawan Mancanegara
error: Kontent dilindungi !!