Pertunjukan Kolosal Siam Niramit yang Spektakuler

Pertunjukan Kolosal Siam Niramit yang Spektakuler

Jika berkunjung ke Bangkok, Thailand maka jangan sampai melewatkan pertunjukan Siam Niramit, sebagai salah satu atraksi spektakuler yang menakjubkan dan sudah mendapatkan penghargaan dari Guinness World of Record. Pertunjukan ini sangat direkomendasikan sebagai salah satu yang wajib disaksikan jika bertandang ke Thailand.

Apa itu Siam Niramit

Pertunjukan Kolosal Siam Niramit yang Spektakuler
Logo Siam Niramit

Siam Niramit adalah suatu seni pertunjukan skala besar, dengan 100 lebih pemain teater profesional yang menggambarkan masa kerajaan Siam dan hubungan perdagangan dengan kerajaan-kerajaan sekitarnya, sehingga tak heran jika ada tarian lompat bambu yang mirip dengan tarian Maluku Saureka-reka yang juga ditampilkan di panggung besar dan megah ini.

Bersama para pemain profesional itu juga ditampilkan aneka hewan turut memeriahkan suasana di atas panggung, seperti ada hewan gajah, juga kambing, dan juga tak lupa ada juga sisipan pertunjukan Thai kick Boxing atau Muay Thai di antaranya.

Pergantian latar panggung dari adegan ke adegan diatur dengan sangat lancar, smooth dan halus sehingga tak terasa beralih adegan dari suasana kerajaan di istana yang megah menjadi ke suasana pedesaan lengkap dengan sungai yang benar-benar menghadirkan airnya hingga ke atas panggung, juga pada saat turun hujan bisa terkesan seperti benar-benar sedang turun hujan yang lebat.

Skenario dan Cerita Pertunjukan

Kisah yang dipentaskan mengambil background jaman kerajaan Siam dahulu kala. Adegan pertama dimulai dengan adanya seorang gadis dengan seorang lelaki lengkap dengan baju tradisional Thailandnya khas pedesaan dan baju prajurit untuk pemain laki-lakinya sedang berbincang-bincang, setelah sebelumnya ada acara penghormatan untuk Raja Thailand dan upacara menyanyikan lagu kebangsaan Thailand, dan seluruh penonton akan diminta untuk berdiri.

Baca Juga :  Nuat Phaen Thai : Pijat Tradisional ala Thailand yang Diakui UNESCO
Siam Niramit 1

Pertunjukan ini intinya adalah menceritakan tentang kerajaan Siam lengkap dengan segala sejarah dan juga kultur budayanya, termasuk adanya pengaruh budaya dari beberapa negara pendatang seperti Tiongkok dengan jalur perdagangan suteranya, para pedagang melayu, India hingga kedatangan Inggris dan bangsa Eropa lainnya ke Thailand. Juga dikisahkan tentang alam surga dan neraka sesuai kepercayaan bangsa Thailand yang percaya dengan karma.

Yang menakjubkan adalah selain melibatkan ratusan pemain theater dan para penari di panggung ini juga akan dihadirkan beberapa hewan secara langsung, ada gajah, kambing dan juga ayam. Pergantian set panggungnya juga bisa berlangsung dengan cepat berubah-ubah dari suasana ruangan mewah istana, menjadi suasana pedesaan lengkap dengan tanaman padinya yang siap panen, juga suasana pelabuhan lengkap dengan perahu-perahu besarnya, bahkan ada adegan pemain yang mandi dengan cipratan air sungguhan di atas panggung, unik dan menarik.

Kapasitas panggung dan Durasi

Kapasitas daya tampung penonton di gedung teater yang menampilkan pertunjukan Siam Niramit ini adalah sekitar 1200 orang yang dibagi menjadi penonton kelas Platinum, Gold dan Silver. Pertunjukan digelar pada sore hari, selama 6 hari dalam seminggu, dengan waktu libur pada tiap hari Selasa.

Meski pintu gedung pertunjukan sudah mulai dibuka pada jam 17:30 sore, namun pertunjukannya baru akan dimulai sekitar pukul 20:00 malam setempat, pertunjukan ini berjalan dengan durasi selama sekitar 80 menit. Gedung tersebut mulai dibuka pada pukul 17:30 sore waktu setempat guna memberi kesempatan bagi pengunjung yang ingin menikmati hidangan santap malam terlebih dahulu sebelum menyaksikan pertunjukan yang baru akan dimulai pada jam 20:00 malam.

Hidangan santap malam akan disajikan secara prasmanan mulai pukul 18:00 hingga 20:00 malam. Namun biasanya penonton juga sudah berdatangan ke lokasi ini sejak siang hari, sambil berjalan-jalan melakukan wisata belanja dan juga wisata kuliner di lokasi sekitar yang juga dihiasi dengan setting suasana pedesaan tempo dulu di Thailand ini. Para pengunjung lalu akan dikumpulkan dan lalu diangkut dengan bis yang akan datang menjemput sekitar setiap 15 menit sekali.

Baca Juga :  Calypso Cabaret Show : Pertunjukan Kabaret ala Ladyboy Thailand

Lokasi dan Alamat Siam Niramit show

Pertunjukan spektakuler Siam Niramit ini diselenggarakan di Atchada Niramit Co. Ltd., 19 Tiamruammit Road, HuayKwang, Bangkok 10320, Thailand. Untuk menuju ke Thai Cultural and Design Centre dengan menggunakan BTS maka bisa menggunakan BTS Phrom Phong atau Sukhumvit Line.

Selain di Bangkok, pertunjukan Siam Niramit ini juga diadakan di Phuket, dan biasanya panitia penyelenggara akan menyediakan fasilitas antar jemput ke tempat pertunjukan Siam Niramit di tiap kota tersebut dari hotel setempat, dengan membayar biaya sebesar 300 Bath. Atau ada alternatif cara lain menuju tempat pertunjukan Siam Niramit yang di Bangkok atau di Phuket yakni dengan menggunakan kendaraan umum.

Cara Menuju Siam Niramit Bangkok

Bagi para wisatawan yang sedang berada di Bangkok dan ingin menyaksikan pertunjukan Siam Niramit di Bangkok, maka bisa menggunakan MRT atau kereta bawah tanah untuk menuju tempat pertunjukannya yang ada di kota Bangkok, dan lalu turun di tempat pemberhentian stasiun Thailand Cultural Centre, yang lalu akan ada shuttle bus yang disediakan dengan secara gratis dari pukul 18.00 malam hingga 19.45 malam waktu setempat dan akan tersedia setiap 15 menit sekali, guna mengangkut para penumpang yang ingin menuju ke tempat pertunjukan Siam Niramit Bangkok.

Cara Menuju Siam Niramit Phuket

Agak berbeda dengan kondisi saat berada di Phuket, para wisatawan bisa mempergunakan tuk-tuk ataupun taksi motor untuk menuju ke tempat pertunjukan Siam Niramit yang ada di kota Phuket, karena di Phuket itu tidak ada bus dalam kota yang beroperasi hingga pada malam hari. Sedangkan lokasi tempat pertunjukan Siam Niramit Phuket itu letaknya ada di jalan raya menuju bandara, dan sebenarnya tidak terlalu jauh dari pusat kota Phuket. Tarif harga tuk-tuk ataupun taksi motor itu pun cukup terjangkau dan tidak akan terlalu mahal.

Baca Juga :  10 Destinasi Wisata di Pattaya Thailand

Tiket Siam Niramit Bangkok

Harga tiket Siam Niramit Bangkok yang di jual resmi di loket pada saat hari pertunjukan adalah sebagai berikut.

  • Tiket Standard harganya 1200 Bath
  • Tiket Golden harganya 1500 Bath
  • Tiket Platinum harganya 2500 Bath

Namun harga tiket Siam Niramit Bangkok jika membeli sejak awal waktu sebelumnya melalui beberapa situs atau melalui hotel akan mendapatkan diskon hingga menjadikan sebesar berikut ini.

  • Tiket Regular menjadi seharga 525 ribu Rupiah
  • Tiket Golden menjadi seharga 650 ribu Rupiah
  • Tiket Platinum menjadi seharga 710 ribu Rupiah

Dan jika ditambah makan sajian buffet perlu menambah 130 ribu Rupiah lagi.

Jadwal Pertunjukan Siam Niramit Bangkok

Secara rinci jadwal pertunjukan Siam Niramit ini adalah sebagai berikut.

  • Jam buka buffet mulai pukul 17.00 hingga pukul 19.45 waktu setempat.
  • Hiburan pre-show mulai pukul 19.00 hingga pukul 19.30 waktu setempat.
  • Pintu theater akan dibuka pada pukul 19.30 sore.
  • Pertunjukan akan  dimulai sekitar pukul 20.00 dengan durasi sekitar 80 menit

Disarankan agar sebaiknya untuk datang pukul 7 malam terlebih dahulu guna menyaksikan preshownya terlebih dahulu, karena sebelum acara show utamanya dimulai, maka akan diselenggarakan preshownya terlebih dahulu secara outdoor. Akan terdapat atraksi gajah dan juga orang yang  menarikan tarian khas Thailand, turut melengkapi setting di luar yang berupa suasana pedesaan kampung traditional Thailand

Berita Menarik Lainnya
Hakone : Wisata di Kapal Bajak Laut dengan Pemandangan Gunung Fuji
Hakone : Wisata di Kapal Bajak Laut dengan Pemandangan Gunung Fuji
error: Kontent dilindungi !!