Panduan Wisata Singapura : Surga Belanja Dengan Atraksi Spektakuler

Panduan Wisata Singapura : Surga Belanja Dengan Atraksi Spektakuler

Jika kamu merencanakan liburan ke Asia, pastikan Singapura masuk dalam daftar kunjungan kamu. Negara yang berbatasan langsung dengan Malaysia bagian Barat ini memang bukan negara luas. Tetapi, dengan lebar 13 mil dan panjang 17 mil, Singapura memiliki sederet kreasi yang mampu memukau siapapun yang datang ke sini.

Banyak warga Asia maupun benua lainnya merasa penasaran dengan negara ini. Berbagai destinasi wisata level dunia di Singapura sudah wara-wiri di laman online maupun offline. Sebut saja Gardens by the Bay, melihatnya dari layar kaca atau komputer saja sudah mampu menghipnotis mata siapapun yang memandang. Tak heran banyak para pelancong menyisihkan sebagian uangnya demi mengunjungi negara singa ini.

Sejak merdeka dari Inggris di tahun 1965, Singapura menggeliat dan tumbuh menjadi negara yang besar. Mereka bangkit dan terus berkembang hingga kini menjadi salah satu negara yang memimpin perekonomian dunia dalam hal perbankan dan perkapalan. Siapa yang menyangka bahwa negara seluas Singapura bisa begitu menonjol di dunia?

Sepertinya memang tak ada yang bisa menghentikan laju Singapura. Area negara yang sempit bukanlah masalah. Pun dengan sumber daya alam yang tidak begitu kaya. Singapura seolah memiliki tongkat sihir untuk mengubah semuanya menjadi magnet yang dapat memalingkan kepala warga dunia.

Bagaimana dengan kamu? Apakah Singapura menjadi salah satu negara yang ingin kamu ceklis dalam daftar liburan kamu? Jika ya, simak ulasan lengkap tentang negara tersebut di bawah ini.

Mengenal Singapura Lebih Dekat

Jika ada satu kata yang bisa mendeskripsikan Singapura, kata yang patut disematkan adalah ‘unik’. Bagaimana tidak? Dari segi luas negaranya saja, Singapura sudah membuat ribuan orang berdecak kagum. Para ahli di negara ini seolah mengemas Singapura dalam kemasan mini yang mahal namun sangat menjual.

Selain itu, Singapura juga menjadi negara yang eksentrik karena akulturasi budaya yang berbaur di dalamnya. Ya, bisa dibilang warga Singapura merupakan etnis campuran dari Melayu, China, India, Arab, dan juga Inggris. Sangat beragam, bukan? Negara ini seolah menjadi wadah bagi sebagian populasi dunia.

Kayanya etnis yang berbaur di Singapura sangat memengaruhi seni dan budaya yang hadir di negara ini. Akulturasi ini dapat terlihat dengan jelas dari jalan. Lihat saja bagaimana masjid, kuil, dan gereja berdiri di jalan-jalan Singapura. Belum lagi Chinatown, Little India, dan Arab Street yang sudah terkenal di telinga para pelancong. Semuanya ini membentuk Singapura yang unik dengan warna yang variatif.

Segala keunikan yang dimiliki Singapura dari segi tata kota maupun keragaman warganya telah membuat negara ini berdiri tinggi dan tegak di tengah-tengah negara Asia Tenggara lainnya. Singapura bahkan menjadi salah satu negara paling maju di benua terbesar dunia ini. Roda bisnis yang berputar cepat di Singapura menjadikannya negara yang mampu bersaing di kancah global dalam segi apapun.

Sektor wisata termasuk salah satu aset yang memiliki nilai jual tinggi dan patut dibanggakan negara ini. Keseriusan pemerintah Singapura dalam mendukung pembangunan destinasi wisata yang apik, modern, dan ikonik membuahkan hasil. Setiap tahunnya, ribuan wisatawan memenuhi rasa penasaran mereka dengan mendatangi Singapura.

Meskipun Singapura terletak di Asia Tenggara, para wisatawan yang ingin mengunjungi negara ini harus menyiapkan budget lebih dibanding kunjungan ke negara-negara lain seperti Indonesia dan Malaysia. Ya, Singapura terkenal akan liburan yang cukup menguras kantong untuk ukuran wisata di Asia Tenggara. Kamu harus membayar lebih untuk tempat menginap di Singapura dengan fasilitas yang sama seperti tempat menginap di Malaysia.

Namun, tabungan yang kamu pakai untuk berlibur di Singapura tidak akan terbuang sia-sia. Banyak sekali yang bisa kamu lakukan dan lihat di negara merlion ini. Hal-hal menyenangkan memang membutuhkan pengorbanan, bukan?

Mata Uang Singapura

Mata uang yang digunakan di Singapura adalah dolar Singapura. Jika dibandingkan dengan dolar Amerika (USD), maka $1 USD kira-kira setara dengan $1.33 dolar Singapura. Mata uang tersebut tersedia dalam bentuk lembaran dan koin. Untuk bentuk lembaran, dolar Singapura tersedia dalam pecahan S$2, S$5, S$10, S$50, S$100, S$1,000, dan S$10,000. Sementara nominal yang terdapat dalam bentuk koin adalah 5 sen, 10 sen, 20 sen, 50 sen, dan S$1.

Jika kamu ke Singapura, kamu dapat menggunakan kartu kredit yang kamu miliki. Namun, penggunaannya terbatas pada pusat perbelanjaan atau toko besar. Sementara untuk transaksi di café, tempat makan kecil, atau kaki lima transaksi yang digunakan adalah transaksi tunai. Oleh karena itu, jangan lupa membawa uang tunai di dompetmu jika kamu ke Singapura ya.

Iklim di Singapura

Singapura, seperti mayoritas negara-negara di Asia Tenggara lainnya, memiliki iklim tropis. Cuaca dan suhu di negara ini dapat dikatakan konsisten sepanjang tahun. Pada hari-hari biasa, suhu di Singapura berkisar antara 24 hingga 32 derajat Celcius.

Akan tetapi, Singapura terhitung memiliki tingkat kelembaban yang cukup tinggi. Dari satu tahun, 167 hari di Singapura dibasahi hujan. Jadi, jangan lupa berjaga-jaga dengan membawa payung ya jika kamu berlibur di negara ini.

Secara umum, terdapat 2 musim di Singapura yaitu musim panas dan musim hujan. Dari bulan Juni hingga September biasanya terik matahari sedang bagus di Singapura. Sementara dari bulan November hingga Januari curah hujan biasanya cukup tinggi di sini.

Bahasa yang Digunakan di Singapura

Mayoritas warga Singapura mampu berbicara dalam 2 bahasa yaitu bahasa Inggris dan Mandarin, Melayu, atau Tamil. Bahasa Inggris merupakan bahasa utama di sini. Tak aneh, mengingat sejarah masa lalu Singapura yang sempat menjadi jajahan Inggris. Jika kamu menguasai bahasa Inggris, kamu tak perlu khawatir liburan di sini karena kendala bahasa yang jadi momok menakutkan bagi para wisatawan sudah teratasi.

Beberapa warga Singapura juga menguasai bahasa lain seperti Mandarin, Melayu, dan Tamil. Penggunaan berbagai bahasa ini merupakan cerminan dari heterogennya etnis yang mendiami Singapura. Tak jarang, beberapa warga pun berbahasa Inggris dengan logat yang tercampur dengan bahasa kedua mereka. Hal ini terkenal dengan sebutan Singlish atau Singapore English.

Transportasi di Singapura

Menjadi negara maju di Asia dan bahkan dunia, sarana transportasi di Singapura tentunya jauh dari kata biasa saja. Berbagai transportasi tersedia lengkap di sini. Untuk transportasi publik, Singapura memiliki MRT (mass rapid transport) yang sangat bisa diandalkan. Mengelilingi Singapura menjadi sangat mudah dan terjangkau dengan transportasi yang satu ini. Harga tiketnya pun tidak terlalu mahal. Kamu hanya harus membayar sekitar S$4 untuk sekali perjalanan.

Singapura juga memiliki bis sebagai alternatif transportasi yang dapat kamu manfaatkan. Rute bis di sini dapat menjangkau berbagai lokasi secara cukup signifikan. Sekali perjalanan dengan bis biasanya menghabiskan biaya sekitar S$1.40 sampai S$2.50 tergantung panjang perjalanan yang kamu tempuh.

Transportasi lain yang ada di Singapura yaitu taksi. Terdapat taksi online dan juga konvensional di sini. Grab merupakan salah satu taksi online yang paling terkenal dan banyak digunakan di Singapura. Tarifnya yang lebih murah daripada taksi konvensional membuatnya meroket di kalangan warga maupun turis di Singapura.

Jika kamu ingin sedikit merasakan sensasi tradisional, kamu bisa menaiki becak mengelilingi jalan-jalan di Singapura. Ya, trishaw merupakan sarana transportasi dengan menggunakan tenaga manusia sebagai bahan bakar utamanya. Sang supir akan mengayuh becak Singapura ini untuk mengantarmu ke sudut-sudut populer di negara tersebut.

Akomodasi di Singapura

Singapura, seperti negara wisata lainnya, memiliki variasi tempat menginap yang bisa kamu pilih sesuai budget. Dari kelas backpacker hingga kelas atas semua ada di Singapura. Jika alokasi dana liburan kamu tidak terlalu besar, kamu dapat memilih penginapan di sekitar Chinatown atau Civic District. Penginapan di sana ditawarkan dengan harga yang bersahabat dengan kantong.

Baca Juga :  Cicipi Makanan Singapura yang Unik dan Autentik

Namun, jika kamu ingin merasakan pengalaman berbeda, kamu dapat menginap di hotel berbintang 4 atau 5 di Singapura. Hotel-hotel di sekitar Marina Bay terkenal akan kemewahannya. Ada harga ada rupa. Begitupun dengan penginapan ini. Jangan kaget dengan nominal yang harus kamu bayar jika kamu memutuskan untuk bermalam di sekitar spot terkenal di Singapura ini.

Destinasi Wisata Wajib di Singapura

Singapura punya segudang lokasi bagus yang harus kamu kunjungi. Selain indah dipandang mata, destinasi populer di Singapura ini tentunya akan membekas hangat di memori kamu. Susun jadwal liburanmu ke Singapura dengan memasukkan lokasi-lokasi di bawah ini.

Merlion Park

Seperti Petronas Tower bagi Malaysia dan Monas bagi Indonesia, Merlion Park ini merupakan landmark negara Singapura. Dari namanya, kamu pasti sudah bisa menebak apa yang ada di taman ini.

Ya, patung Merlion yang merupakan maskot negara Singapura adalah salah satu objek foto wajib jika kamu ke negara ini. Merlion merupakan patung berkepala singa dan berbadan ikan. Untuk ke Merlion Park, kamu tidak dipungut biaya alias gratis. Tidak lengkap jika kamu ke Singapura tanpa berpose di samping si Merlion ini, bukan?

Singapore Botanic Gardens

Kebun seluas 74 hektar ini akan memanjakan mata kamu dengan nuansa hijau yang damai. Merupakan rumah bagi berbagai jenis anggrek dan tanaman-tanaman lain, Singapore Botanic Garden dapat menjadi tempat bagi kamu untuk melepas penat dengan segala kecanggihan dan kemodernan Singapura. Kebun botani ini sudah 158 tahun menjadi oasis dan paru-paru bagi warga Singapura.

Gardens by the Bay

Destinasi ikonik satu ini tentunya wajib masuk daftar lokasi wisata di Singapura yang harus kamu sambangi. Pohon raksasanya yang sangat terkenal tentu patut kamu abadikan dalam kamera canggih kamu. Kubah super besarnya juga jangan sampai ketinggalan untuk kamu nikmati ya. Kapan dan dimana lagi kamu bisa menemukan taman super besar di tengah kota seperti Garden by the Bay-nya Singapura?

Marina Bay Sands Skypark

Apakah kamu pernah melihat ada kapal raksasa terdampar di atas gedung bertingkat di Singapura? Atau mungkin yang mata kamu tangkap adalah papan seluncur milik dewa yang ditaruh di bangunan tinggi d tengah-tengah Singapura? Apapun yang ditangkap imajinasimu, bangunan yang kamu maksud adalah Marina Bay Sands Skypark.

Kolam tanpa batas di lantai teratas hotel ini memungkinkan kamu menikmati Singapura dari ketinggian yang paripurna. Namun, lokasi ini sangat eksklusif. Hanya para tamu hotel saja yang dapat menikmati fasilitas ini tanpa dipungut biaya. Jika kamu memiliki budget lebih ketika ke Singapura, jangan lewatkan Marina Bay Sands Skypark untuk kamu kunjungi.

Sentosa Island

Jika kamu mengharapkan untuk bersunbathing di Singapura, Sentosa Island dapat menjadi destinasi yang tepat. Bibir pantainya yang indah dan resor-resor mewah di sana siap memanjakan liburanmu. Taman hiburan dan lapangan golf pun tersedia lengkap lho di sana.

Chinatown

Jangan ke Singapura tanpa mengunjungi Chinatown-nya. Jajaran makanan tradisional tersaji lengkap di sana. Harganya yang terkenal cukup murah menjadikan Chinatown ramai akan wisatawan. Dimsum, pasar malam, dan beraneka jajanan khas China lainnya merupakan daya tarik utama lokasi ini.

Arab Street

Arab Street merupakan jalan dan lingkungan dimana mayoritas warga Singapura berdarah Arab tinggal. Kamu dapat juga menyebut Arab Street Kampung Timur Tengah. Di sepanjang jalan ini, ruko-ruko bercat merah berderet rapi menjual berbagai keperluan umat muslim seperti Al Qur’an, baju muslim, hingga parfum semua ada di sini. Jika kamu ke sini, jangan lupa berkunjung ke ikon Arab Street yaitu Sultan Mosque. Masjid ini merupakan masjid tertua, terbesar, dan terkenal di Singapura.   

Cara Menuju Singapura

Jika kamu ingin ke Singapura, ada beberapa cara yang bisa kamu tempuh. Jalur udara, laut, maupun darat semuanya dapat mengantar kamu ke negara ini. Jika kamu memilih jalur udara, kamu akan mendarat di Changi Airport yang merupakan bandara kebanggaan warga Singapura.

Baca Juga :  Pilihan Transportasi Singapura Untuk Jalan-jalan Seru Keliling Singapore

Atau, kamu juga bisa menempuh jalur laut dengan menggunakan kapal laut atau cruise ship. Besar kemungkinan kamu akan berlabuh di Marina Bay. Jika kamu menggunakan jalur darat, kamu dapat mengendarai mobil dari Malaysia bagian Barat.

Tips dan Tricks Berwisata di Singapura

Liburan ke Singapura merupakan impian banyak orang. Jika kamu sudah mengemas kopermu untuk ke sini, kamu adalah salah satu orang yang beruntung untuk bisa mengunjungi negeri singa tersebut. Namun, jangan lupakan hal-hal di bawah ini dalam kunjungan kamu ke Singapura.

  • Selalu sedia uang tunai : Pastikan kamu menyiapkan uang tunai dalam saku atau dompetmu dalam jumlah yang cukup. Jangan selalu mengandalkan kartu kredit karena tidak semua transaksi di Singapura dapat diselesaikan dengan media bayar tersebut.
  • Tidak menawar : Singapura merupakan salah satu negara terkaya di dunia. Jika kamu berada di Malaysia atau Indonesia, kamu mungkin dapat menawar beberapa barang yang ingin kamu beli. Namun, di Singapura tawar menawar bukanlah hal yang lumrah dilakukan.
  • Jangan beli air mineral kemasan : Di Singapura, kamu tidak perlu membeli air mineral. Kamu cukup membawa botol yang bisa diisi ulang karena keran air bersih tersedia di mana-mana di negara ini. Air yang mengalir dari keran tersebut bisa langsung kamu minum.
  • Cek cuaca : Pastikan kamu mengecek cuaca yang sedang berlangsung di Singapura sebelum menyusun jadwal liburan kamu. Jangan sampai cuaca di sana tidak mendukung kegiatan liburanmu ya.
  • Singapore Tourist Pass : Untuk menghemat biaya transportasi selama di Singapura, kamu dapat menggunakan dan memanfaatkan Singapore Tourist Pass lho. Liburanmu akan jauh lebih hemat dengan itu.

Tanya Jawab

Apakah Singapura aman?

Singapura merupakan salah satu negara teraman di dunia karena penerapan supremasi hukum yang sangat ketat. Ada denda untuk semua hal mulai dari merokok di depan umum hingga menyeberang di sembarang tempat. Singapore tergolong memiliki tingkat kejahatan yang rendah namun tetap saja kamu harus berhati-hati di tempat umum karena kejahatan terhadap turis bisa terjadi seperti copet dan jambret. Selalu jaga barang berharga anda dan tetap awas dengan lingkungan, terakhir hindari mengunjungi area yang dilarang.

Kenapa permen karet dilarang di Singapura?

Pada tahun 1992 pemerintah Singapura melarang mengkonsumsi permen karet karena permen karet pada saat itu banyak digunakan untuk berbagai macam kegiatan vandalisme seperti menempelkannya ke tombol lift, tombol transportasi publik dan mengakibatkan keresahan masyarakat. Jangan sekali-sekali menyelundupkan permen karet masuk Singapura karena kamu bisa didenda hingga $5500 USD atau setara 77 Juta rupiah dan 1 tahun hukuman kurungan badan.

Berapa batasan umur agar legal dalam mengkonsumsi alkohol?

18 Tahun adalah batas umur yang diperkenankan untuk mengkonsumsi alkohol di Singapura. Harap menaati aturan ini karena Singapura tidak main-main dalam menjalankan semua aturannya dan kamu yang melanggar bisa dihukum berat.

Apakah harus memberikan tip ke pelayan restoran atau kafe?

Memberikan tip tidak umum di Singapura dan bahkan pemerintah mereka kurang menyetujuinya. Hal ini dikarenakan biasanya sudah terdapat service charge sebesar 10% yang tertera di dalam tagihan. Namun bila kamu merasa kurang sreg kalau tidak memberikan tip tidak ada yang akan melarangmu melakukannya.

Apa di Singapura akses internet sulit?

Hal ini tergantung dimana kamu berada dan bagaimana persiapanmu sebelumnya. Biasanya di hotel-hotel berkelas pasti akan terdapat akses internet, bahkan di penginapan kelas motel juga seringkali kita akan dapat menemukan akses wifi dan internet gratis. Singapura punya akses internet yang sangat kencang, dengan banyak akses wireless hotspot yang dapat dengan mudah kita temukan di penjuru kota. Untuk provider nomor telepon lokal yang tersedia adalah dari SingTel, Starhub dan M1

Kesimpulan

Jarak singapura yang hanya 1267 km dari Jakarta membuat tempat ini tergolong sangat dekat dari ibukota negara kita. Seringkali kita akan dapat menemukan tiket pesawat yang sangat murah untuk pulang pergi ke negara singa putih ini. Jangan bayangkan kalau kamu cuma bisa belanja di sini karena Singapura juga punya banyak sekali atraksi yang tidak akan dapat kamu temukan di Indonesia.

Berita Menarik Lainnya
Mata Uang Thailand Baht Dengan Kode THB dan Simbol ฿
Mata Uang Thailand Baht Dengan Kode THB dan Simbol ฿
error: Kontent dilindungi !!