Sirkuit Buriram Thailand : Wisatanya Penggila Moto GP

Sirkuit Buriram Thailand : Wisatanya Penggila Moto GP

Nama Buriram memang tidak sepopuler Bangkok, Pattaya, atau Phuket. Namun, kota di Thailand ini terdengar cukup akrab bagi penikmat olahraga. Bagaimana tidak? Kota yang satu ini memiliki sirkuit yang merupakan tempat perhelatan salah satu olahraga besar di dunia, Moto GP.

Mengenal Kota Buriram

Buriram merupakan sebuah kota yang tidak begitu besar di Thailand. Kota ini terletak sekitar 410 kilometer dari pusat ibu kota Thailand. Dengan menggunakan pesawat, membutuhkan waktu sekitar 1 jam untuk tiba di bandara kota ini. Jika kamu menggunakan moda transportasi darat, total waktu yang dibutuhkan untuk sampai Buriram adalah 6 jam.

Meskipun terletak jauh dari pusat kota, Buriram merupakan sebuah area dimana acara-acara besar banyak digelar. Salah satu acara dunia yang digelar di sini dan berhasil membuat nama Buriram melesat naik adalah Moto GP. Mata dunia banyak tertuju pada Buriram begitu kota ini berhasil menjadi tuan rumah ajang balap motor dunia tersebut.

Terletak di barat laut Thailand, Buriram memang bukan kota favorit bagi sebagian besar wisatawan. Transportasi yang cukup sulit menuju kota ini memang menjadi kendala tersendiri. Belum lagi masih jarangnya kendaraan umum atau taksi yang beroperasi hingga malam hari di kota ini.

Sirkuit Buriram dan Moto GP

Sirkuit Buriram Thailand : Wisatanya Penggila Moto GP
Gambar oleh Darrell Perry dari Pixabay

Meskipun demikian, bagi pecinta Moto GP, kota ini menjadi tujuan wajib ketika Valentino Rossi dan pembalap-pembalap lainnya berlomba mencapai garis finish di sirkuit kota ini. Meskipun moda transportasi menuju dan di dalam kota ini belum sangat memadai, sirkuit Buriram memiliki tampilan yang sangat berkebalikan dengan kondisi kotanya. Alat-alat canggih melengkapi sirkuit yang menjadi kebanggaan warga Buriram dan Thailand. 

Baca Juga :  Chut Thai : Baju Tradisional Thailand yang di Disain oleh Ratu Sirikit

Buriram Sebagai Kota Olahraga

Jika Bangkok dan Pattaya terkenal sebagai kota wisata, maka Buriram menyandang gelar sebagai kota olahraga di Thailand. Hadirnya sirkuit di kota ini memang telah membawa perubahan pada kesan kota ini di mata dunia. Meskipun hanya kota kecil, nyatanya Buriram mampu menghadirkan sirkuit dengan standar internasional.

Sirkuit di Buriram pun tidak dibangun dengan alakadarnya. Panel-panel canggih turut melengkapi sirkuit ini. Penunjuk catatan waktu para pembalap berjejer rapih di sini. Tayangan langsung di sirkuit pun dapat disimak dari ruangan tertentu dalam sirkuit di Buriram. Para pemburu berita pun memiliki ruangan tersendiri untuk meliput kabar terkini dari sirkuit. 

Tidak berhenti di situ, pemerintah Thailand pun mempercantik Buriram dengan fasilitas hotel mewah yang ada tepat di dalam kawasan sirkuit. Berbagai restoran pun turut meramaikan sirkuit ini. Tentunya fasilitas ini akan memanjakan siapa pun yang memang ingin secara total menyaksikan pertandingan balap Moto GP di sirkuit ini.

Sirkuit Buriram, layaknya sirkuit internasional lainnya, memiliki berbagai fasilitas lain yang menunjang para pembalap maupun penonton yang datang. Ruang medis yang terawat dengan baik hadir di sini. Deretan toilet bersih pun tak ketinggalan ada di sirkuit internasional ini.

Sirkuit Buriram Thailand : Wisatanya Penggila Moto GP
Gambar oleh Box Repsol dari Wikimedia Common

Sirkuit fenomenal di Buriram ini terletak di satu komplek dengan Chang Arena yang merupakan markas bagi klub sepakbola raksasa Buriram United. Sama seperti fanatisme fans sepak bola Indonesia, Buriram United pun memiliki pengikut setianya. Stadion berkapasitas 80 ribu penonton ini selalu ramai sesak oleh para pendukung klub sepak bola terbesar di kota ini.

Chang Arena tidak kalah menarik dengan sirkuit di sebelahnya. Dengan konstruksi bajanya, stadion ini berdiri kokoh di area tersebut. Warna biru gelap mendominasi struktur bangunan stadion ini.

Baca Juga :  Chut Thai : Baju Tradisional Thailand yang di Disain oleh Ratu Sirikit

Nampaknya, gelar sebagai kota olahraga di Thailand memang tepat bagi Buriram. Bukan hanya memiliki sirkuit mewah nan megah, Buriram pun memiliki stadion berkapasitas tinggi di kotanya. Semua kemegahan tersebut melebur di satu kawasan yang sama. Bisa kamu bayangkan luasnya secara total?

Kesimpulan

Meskipun berjarak tidak dekat dengan ibu kota, Buriram memiliki daya tariknya sendiri. Nama kota ini cukup harum di telinga para fans Moto GP. Jika kamu merupakan fans berat Moto GP, maka jarak tersebut tentunya tidak menjadi kendala untuk menyaksikan deru motor para pembalap favorit kamu, bukan?

Berita Menarik Lainnya
Supertree Grove Singapore : Pohon Raksasa Ikon Gardens by the Bay
Supertree Grove Singapore : Pohon Raksasa Ikon Gardens by the Bay
error: Kontent dilindungi !!