Skyline Luge Sentosa : Memacu Adrenalin dari Ketinggian 100 Meter di Singapura

Skyline Luge Sentosa : Memacu Adrenalin dari Ketinggian 100 Meter di Singapura

Singapura seolah memiliki segudang destinasi wisata yang tak ada habisnya. Skyline Luge Sentosa adalah contohnya. Terletak di Sentosa Island, destinasi yang satu ini sangat menarik dan akan memberikan pengalaman tak terlupakan bagi kamu. Seperti apa Skyline Luge Sentosa ini? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Mengenal Skyline Luge Sentosa

Nama Skyline Luge mungkin masih terdengar kurang akrab di telinga kamu. Hal tersebut wajar karena destinasi wisata satu ini memang terbilang cukup baru di Singapura. Skyline Luge Sentosa sendiri baru didirikan pada tahun 2005. Di dunia, hanya ada 7 tempat Skyline Luge yang tersebar di 3 negara yaitu Selandia Baru, Kanada, dan terakhir Singapura. 

Skyline Luge Sentosa : Memacu Adrenalin dari Ketinggian 100 Meter di Singapura
Luge Sentosa, Sumber : Commons Wikimedia

Di Skyline Luge, kamu akan menaiki suatu kendaraan yang mirip go-kart namun tanpa mesin. Kendaraan ini disebut dengan ‘luge’. Untuk dapat bergerak, luge mengandalkan elevasi. Setir luge pun sangat berbeda dengan setir go-kart. Pegangan seperti stang sepeda atau motor adalah alat pengendali utama luge.

Untuk dapat maju, kamu harus mendorong setir menjauh dari badan kamu. Sebaliknya, untuk mengurangi laju luge, kamu harus menarik setir mendekat ke arah kamu. Bayangkan saja kamu meluncur dengan hanya mengandalkan kendali sederhana tersebut. Seru, bukan?

Karena luge mengandalkan ketinggian, maka tak heran jika kamu harus menuju lokasi tinggi dulu untuk memulai mengendarai luge tersebut. Nah, yang menarik di sini, kamu tidak perlu menaiki tangga atau memanjat apapun. Kamu hanya harus duduk manis di alat yang bernama skyride.

Skyride berbentuk seperti kursi taman yang menggantung dengan bantuan kabel besi. Jika kamu pernah melihat wahana yang mengantar para pemain ski menuju titik awal untuk menuruni lereng salju, nah skyride sangat mirip dengan wahana tersebut. Dengan pengaman di bagian pinggang, keamanan kamu akan terjamin. 

Baca Juga :  Japanese Garden Singapore : Taman Kota di Singapura Yang Memiliki Lansekap ala Jepang

Kamu akan duduk di skyride dengan ketinggian hingga 100 meter. Skyride tersebut akan menempuh perjalanan 315 meter menuju titik awal mengendarai luge. Jarak tersebut akan ditempuh selama 7 hingga 9 menit. Dari atas skyride, kamu akan dapat melihat Sentosa Island dari ketinggian, gedung-gedung pencakar langit Singapura, dan juga Laut China Selatan.

Jika ini merupakan pengalaman pertama kamu dengan luge, tak perlu khawatir. Kamu akan diberi arahan terlebih dahulu tentang cara mengoperasikan kendaraan tersebut. Setelah itu, baru kamu siap untuk beraksi di trek yang ada. 

Data Fakta Skyline Luge Sentosa

Negara : Singapura

Kota : Singapore

Alamat :  1 Imbiah Rd, Singapore 099692

Nomor Telepon :  +65 6274 0472

Jenis Wisata : Olahraga Extrim

Website : https://www.skylineluge.com/en/sentosa/

Trek Skyline Luge Sentosa

Skyline Luge Sentosa memiliki 2 trek yang dapat kamu coba untuk memacu adrenalin. Trek tersebut bernama Dragontrail dan Kupu-kupu Trail. Kedua trek ini berbeda dari segi panjang treknya. Dragon Trail memiliki karakter trek curam sepanjang 688 meter. Sementara itu, Kupu-kupu Trail jaraknya lebih pendek sedikit yaitu 638 meter.

Kedua trek ini cukup tinggi dengan kelokan-kelokan yang tajam. Oleh sebab itu, Skyline Luge Sentosa sangat cocok bagi kamu yang menyukai kegiatan menantang. Meskipun curam, trek di sini cukup aman untuk kamu gunakan.

Persyaratan Menaiki Skyline Luge Sentosa

Tidak semua orang boleh memegang setir luge. Kamu diijinkan untuk mengendarai luge sendiri jika tinggi badan kamu minimal 135 cm dengan usia 6 tahun. Jika tinggi badan atau usia kamu kurang dari itu, maka kamu hanya dapat mengendarai luge bersama orang dewasa lainnya. Tinggi badan tersebut merupakan standar minimal untuk dapat mencapai ujung sandaran luge.

Baca Juga :  Singapore Flyer : Ferris Wheel Raksasa Kebanggaan Kota Singapura

Tiket Skyline Luge Sentosa

Untuk dapat menikmati wahana di Skyline Luge Sentosa, kamu diharuskan membayar tiket yang sudah mencakup tiket luge dan juga skyride. Untuk 2 kali menaiki skyride dan luge, perorangan dikenakan biaya sebesar SGD 24. Sementara untuk 3 dan 4 kali putaran, biayanya yaitu SGD 27 dan SGD 29. 

Kesimpulan

Mencoba wahana yang belum ada di negara sendiri tentunya memberikan pengalaman tak terlupakan bagi kamu dan keluarga, bukan? Oleh sebab itu, Skyline Luge Sentosa wajib kamu coba jika kamu datang ke Singapura. Namun, pastikan kamu dan keluarga memenuhi segala persyaratan untuk mencoba wahana tersebut ya. Keamanan kamu ditentukan oleh kepatuhan kamu akan aturan yang berlaku. 

Berita Menarik Lainnya
Nakamise Street Asakusa : Belanja di Pusat Pertokoan Tertua di Jepang
Nakamise Street Asakusa : Belanja di Pusat Pertokoan Tertua di Jepang
Font Resize