Supertree Grove Singapore : Pohon Raksasa Ikon Gardens by the Bay

Pergi ke Singapura tapi tidak menginjakkan kaki di Gardens by the Bay rasanya seperti ada yang kurang lengkap dalam wisata kamu. Ya, taman umum superbesar ini sudah banyak menjadi tujuan utama para pelancong yang datang ke negeri singa ini. Keindahan dan keunikan taman ini jelas menjadi magnet utama bagi para wisatawan.

Gardens by the Bay bukanlah taman biasa dengan ukurannya yang seluas 101 hektar. Taman umum ini memiliki beberapa area menarik yang sayang kalau dilewatkan. Supertree Grove adalah salah satu area yang wajib kamu sambangi di taman ini. Psst… Masuk ke Supertree Grove Singapore tidak dipungut biaya alias gratis lho.

Supertree Grove si Pohon Raksasa

Tak ada yang tak menyadari Supertree Grove yang menyembul tinggi dari dalam Gardens by the Bay. Ukuran pohon ini jelas sangat mencuri perhatian. Berdiri tinggi dan kokoh, pamor Supertree bahkan dapat dikatakan menyaingi patung Merlion yang sudah lama menjadi landmark negara Singapura.

Supertree memang secara sekilas tampak seperti pohon raksasa. Namun, sebenarnya Supertree bukanlah pohon sungguhan. Bentuknya yang menyerupai pohon lah yang membuatnya dinamakan demikian. Sebenarnya, Supertree adalah struktur buatan yang dibangun menyerupai pohon.

Di Supertree Grove Singapore, terdapat total 12 Supertree. Tinggi struktur ini bervariasi dari mulai 25 meter hingga 50 meter. Dilihat kasat mata, Supertree ini sangat mirip dengan pohon Baobab. Batang pohon yang tebal dan cabang pohonnya yang mirip neuron menjadikannya terlihat tak jauh berbeda dengan pohon asal Madagaskar tersebut.

Baca Juga :  Menyusuri Sungai Singapura yang Bersih dan Menarik Minat Wisatawan Mancanegara

Batang tebal Supertree merupakan rumah bagi 162,900 lebih tumbuh-tumbuhan. Kantong-kantong yang diisi tanaman pakis, tanaman merambat, bromeliad, dan sejumlah anggrek tumbuh di batang Supertree. Tanaman-tanaman ini menutup struktur besi Supertree dengan sangat sempurna.

Meskipun Supertree adalah pohon buatan, namun struktur in dibuat dengan fungsi yang sangat mirip pohon asli. Bagian teratas Supertree memiliki sel photovoltaic yang dapat memanfaatkan energi surya. Fungsi sel ini yaitu untuk menyerap dan memancarkan lagi energi matahari tersebut untuk digunakan tumbuhan dalam berfotosintesis. Energi ini juga digunakan untuk pertunjukan malam di Supertree Grove dan juga untuk mengaliri udara sejuk di sekitar konservasi Flower Dome dan Cloud Forest.

Bukan hanya itu, bagian atas Supertree ini juga memiliki peran hebat. Bagian tersebut digunakan untuk menampung air hujan yang dimanfaatkan untuk irigasi dan juga mengaliri air mancur di lokasi tersebut. Fungsi Supertree dalam membantu fotosintesis, mengaliri udara sejuk, dan penyimpanan air hujan semakin menjadikannya pohon sungguhan.

Jika kamu tidak ingin hanya duduk memandang pohon besi ini, kamu dapat mencoba restoran dan bar di puncak pohon tertinggi di Supertree Grove Singapore. Tapi, kamu harus merogoh kocek terlebih dahulu untuk membayar tiket masuk seharga S$ 18 per orangnya. Di sini, kamu dapat duduk santai menikmati berbagai minuman sambil melihat pemandangan Singapura dari ketinggian.

OCBC Skyway

Selain pohon raksasa yang menjadi primadona di lokasi ini, terdapat hal menarik lain yang wajib kamu coba jika kamu pergi ke Supertree Grove Singapore. OCBC Skyway adalah hal yang akan menambah pengalaman tak terlupakanmu di Singapura. Singkirkan fobia ketinggian dan cobalah wahana ini.

OCBC Skyway merupakan jembatan panjang yang menghubungkan 2 Supertree tertinggi di Supertree Grove Singapore. Jembatan ini terbentang di atas ketinggian 22 meter dari tanah. Berdiri di sini, mata kamu akan menangkap pemandangan indah di sekeliling.

Baca Juga :  Fort Canning Park Singapore : Saksi Sejarah Era Perang Dunia ke II

Jika ingin merasakan pengalaman seru berjalan di atas jembatan ini, kamu harus membayar S$ 8 untuk dewasa dan S$ 5 untuk anak-anak usia 3 hingga 12 tahun. Banyak sekali orang yang ingin mencicipi pengalaman ini. oleh karena itu, kamu hanya akan diberi waktu maksimal 15 menit untuk berada di atas jembatan.

Terdapat beberapa peraturan yang diberlakukan bagi wisatawan yang ingin menaiki jembatan ini. Siapapun tidak diijinkan berlari di atas jembatan. Selain itu, sepatu hak tinggi pun tidak boleh dikenakan jika kamu berniat naik ke jembatan ini.

Garden Rhapsody

Jangan buru-buru untuk meninggalkan Supertree Grove Singapore. Ketika malam tiba, pohon raksasa tersebut akan diterangi cahaya lampu yang menjadikannya memiliki nuansa surealis. Dari batang pohon hingga cabang-cabang kecil neuronnya akan menyala dengan hangat.

Bukan hanya itu saja suguhan malam di Supertree Grove Singapore. Yang banyak dinanti oleh para pengunjung adalah Garden Rhapsody. Pertunjukan lampu dengan ditemani alunan musik ini berlangsung pada pukul 07.45 malam dan 08.45 malam setiap harinya. Beberapa pengeras suara disembunyikan di area ini sehingga musik yang mengalun seolah dinyanyikan langsung dalam live performance

Berita Menarik Lainnya
Panduan Wisata Singapura : Surga Belanja Dengan Atraksi Spektakuler