Taman Burung Kuala Lumpur Bisa Jadi Alternatif Wisata Kamu di Malaysia

Taman Burung Kuala Lumpur Bisa Jadi Alternatif Wisata Kamu di Malaysia

Last updated:

Sebut saja nama Malaysia dan orang mungkin akan langsung teringat akan Petronas Twin Tower. Namun, Negeri Jiran ini punya banyak destinasi wisata lain yang sangat sayang kamu lewatkan jika melawat ke negara ini. Taman Burung Kuala Lumpur adalah salah satu alternatif wisata di Malaysia yang tidak akan mengecewakan kamu.

Taman burung yang satu ini bukanlah taman burung biasa. Jumlah burungnya yang ribuan memang akan membuat para pecinta burung terkesima. Namun, Taman Burung Kuala Lumpur ini memiliki lebih dari sekedar jumlah burung yang banyak untuk menarik para pengunjung agar datang. Kira-kira, apa yang membuatnya menjadi alternatif wisata menarik di Malaysia? Berikut ulasannya.

Mengenal Taman Burung Kuala Lumpur, Malaysia

Taman Burung Kuala Lumpur Bisa Jadi Alternatif Wisata Kamu di Malaysia
Logo Taman Burung Kuala Lumpur

Didirikan pada tahun 1991, Taman Burung Kuala Lumpur diresmikan oleh Ratu Malaysia. Taman burung kebanggan warga Negeri Jiran ini sangat luas. Membentang seluas 20.9 hektar, lokasi wisata yang satu ini tidak akan membosankan meskipun kamu menghabiskan waktu seharian didalamnya. Siapkan kaki dan stamina yang kuat jika kamu ingin mengelilingi Taman Burung Kuala Lumpur ini.

Yang sangat istimewa dari Taman Burung Kuala Lumpur adalah konsep yang diterapkan taman burung ini. Mengusung konsep taman burung terbuka, pengujung tidak akan dibatasi pagar kawat atau tembok untuk bercengkrama dengan ribuan burung di taman ini. Tentunya, untuk burung-burung tertentu yang tergolong buas dan dapat membahayakan pengunjung diberikan pengecualian. Burung unta dan burung elang, misalnya, tetap ditempatkan di dalam sangkar luas. 

Di Taman Burung Kuala Lumpur ini, kamu dapat menyapa berbagai macam jenis burung di habitat alami. Kamu bahkan bisa saja sedang berjalan-jalan di walking path dan diikuti burung yang penasaran akan tamunya. Membawa serta anak-anak dalam berkunjung ke taman ini tentunya akan memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan.

Taman Burung Kuala Lumpur merupakan rumah bagi lebih dari 3000 burung yang berasal dari 200an spesies berbeda. Burung-burung tersebut merupakan jenis burung lokal dan asing. Kamu dapat melihat langsung burung ardeola yang merupakan kerabat dari burung bangau. Burung pergam hijau yang berhabitat asli di hutan pun dapat kamu jumpai di sini. 

Baca Juga :  Flower Dome : Taman Bunga Raksasa di Tengah Kota Terhijau di Dunia

Malaysia patut bangga dengan Taman Burung Kuala Lumpur. Bukan hanya sebagai taman burung terbesar di Malaysia, namun Taman Burung Kuala Lumpur adalah taman burung terbuka yang paling besar di dunia. Taman ini bukan sekedar wahana rekreasi keluarga, tapi juga tempat yang sangat luas untuk mengenal kaya dan variatifnya jenis burung di Malaysia dan dunia. 

Data Fakta Taman Burung Kuala Lumpur

Negara : Malaysia

Kota : Kuala Lumpur

Lokasi : Perdana Botanical Park

Alamat : KL Bird Park, 920, Jalan Cenderawasih, Perdana Botanical Gardens, 50480 Kuala Lumpur, Federal Territory of Kuala Lumpur, Malaysia

Nomor Telepon : +60 3-2272 1010

Jenis Wisata : Alam

Website : https://www.klbirdpark.com/

Dibuka : 1991

Luas area : 8 Hektar

Apa yang Bisa Dilakukan di Taman Burung Kuala Lumpur?

Jika melihat berbagai jenis burung saja masih belum cukup memuaskan, kamu dapat melakukan hal lain di Taman Burung Kuala Lumpur. Di taman ini, kamu dapat memberi makan burung secara langsung. Letakkan saja makanannya di tangan kamu, mereka akan mendekat dan memakannya langsung dari telapak tangan kamu.

Bird Show

Selain itu, Taman Burung Kuala Lumpur pun mengadakan Bird Show atau pertunjukkan burung setiap harinya. Berlokasi di amfiteater Taman Burung Kuala Lumpur, kamu dapat menyaksikan burung-burung pintar yang bisa menaikkan bendera, mengayuh sepeda, dan atraksi-atraksi menarik lainnya. Bird Show diadakan 2 kali setiap harinya. Jadwal yang pertama yaitu pada pukul 12.30 waktu Malaysia. Sementara jadwal terakhirnya yaitu pukul 3.30 sore.

Berfoto Bersama Burung

Hal lain yang bisa kamu lakukan di taman yang luas ini adalah berfoto bersama para burung. Taman Burung Kuala Lumpur ini dibagi ke dalam beberapa zona dengan tema yang berbeda. Pilih saja tema favorit kamu dan abadikan momen kamu di Taman Burung Kuala Lumpur dengan koleksi burung cantik yang ada di sana.

Inkubasi Telur

Selain hal-hal di atas, yang tak kalah menariknya adalah kamu bisa mengunjungi ruang inkubasi telur. Wah, seperti di film-film ya! Di sini kamu akan melihat bagaimana telur-telur burung tersebut dirawat hingga nantinya menetas dan menambah koleksi burung di taman ini.

Kamu juga bisa melihat bagaimana para staf Taman Burung Kuala Lumpur merawat anak-anak burung. Mereka akan menunjukan cara pemeliharaan burung yang masih berusia dini. Pulang dari taman ini, pengetahuan kamu tentang dunia burung dijamin akan semakin bertambah.

Lokasi Taman Burung Kuala Lumpur

Jika kamu berencana ke Malaysia, masukkan Taman Burung Kuala Lumpur sebagai salah satu destinasi wisata kamu. Taman burung ini mudah dicari. Taman Burung Kuala Lumpur berada di Taman Botani Perdana (Perdana Botanical Garden). Taman asri, damai, dan teduh ini berjarak kira-kira 10 menit saja dari jantung kota Kuala Lumpur. Lokasi tepatnya yaitu berada di Jalan Cendrawasih 920, Kuala Lumpur. 

Baca Juga :  Wat Phra Kaew : Temple of Emerald Buddha Tempat Wisata Reliji di Bangkok

Taman Burung Kuala Lumpur dapat dijangkau dengan berbagai transportasi. Jika kamu menggunakan kereta komuter KTM, kamu harus berhenti di stasiun KTM Old Railway Kuala Lumpur. Letak stasiunnya berada di dekat Masjid Nasional. Dari stasiun tersebut, kamu hanya harus berjalan kaki selama 5 menit untuk tiba di Taman Burung Kuala Lumpur.

Kamu juga dapat menggunakan mobil pribadi. Jika kamu berada di Jalan Bangsar, kemudikan mobilmu lurus ke arah bundaran KTM Railway Station. Lalu, belok kiri menuju Masjid Negara atau Masjid Nasional. Taman Burung Kuala Lumpur terletak tak jauh dari sana. Atau, jika kamu berkendara dari Jalan Mahameru, belok kiri ke arah Jalan Perlimen. Dari sana, belok kanan di lampu merah menuju arah Danau Kuala Lumpur.

Alternatif transportasi lainnya yaitu bis. Kamu dapat menaiki bis Rapid KL No. B115 dengan jurusan Kotaraya ke arah Jalan Parlimen. Atau kamu juga bisa menggunakan layanan bis wisata bertingkat di Kuala Lumpur. Jika menggunakan bis wisata ini, kamu harus turun di Station No. 14 yang terletak tepat di depan pintu masuk Taman Burung Kuala Lumpur. Tapi, pastikan kamu mengetahui jadwal bis wisata ini ya. Bis ini tersedia setiap 30 hingga 45 menit sekali.  

Harga Tiket Taman Burung Kuala Lumpur

Ada baiknya kamu mengetahui hal-hal seputar Taman Burung Kuala Lumpur sebelum kamu berkunjung ke sana, termasuk jam operasional dan harga tiket yang harus kamu bayar. Tentunya kamu tidak ingin menunggu lama sementara taman terbesar di Malaysia ini belum buka.  Atau jangan sampai kamu dan keluarga tidak bisa masuk ke sana karena Ringgit Malaysia yang kamu bawa kurang.

Taman Burung Kuala Lumpur dibuka untuk umum setiap harinya. Hari minggu maupun tanggal merah lainnya taman ini tetap bisa kamu kunjungi. Libur sekolah pun taman ini tetap buka, lho. Jam operasional taman ini yaitu sejak pukul 9 pagi hingga pukul 6 sore waktu Malaysia.

Ringgit Malaysia yang harus kamu bayar ke petugas taman bervariasi jumlahnya. Usia pengunjung menentukan harga yang harus dibayarkan. Selain itu kepemilikan MyKad dan MyKid pun dapat membedakan tiket masuk ke taman burung ini.

Jika kamu adalah pemegang MyKad, maka kamu harus membayar RM 27 per orangnya. Untuk anak-anak berusia 3 hingga 11 tahun dan memiliki MyKid, mereka akan dipatok seharga RM 13 per anak. Bagi orang dewasa tanpa MyKad, harga yang harus dibayar adalah RM 50. Sementara itu, harga tiket anak-anak dengan rentang usia 3 hingga 11 tahun tanpa MyKid adalah RM 41 per anak.

Baca Juga :  Bus Go KL : Bis Gratis Favorit Wisatawan di Kuala Lumpur

Pihak Taman Burung Kuala Lumpur juga menyediakan harga khusus bagi rombongan sekolah dasar dan sekolah menengah. Paket sekolah ini merupakan rombongan dengan jumlah minimal 15 orang. Untuk sekolah dasar dan menengah, harga per anak yang harus dibayar yaitu hanya RM 5.30 per orang. Sementara orang dewasa usia 13 tahun ke atas dikenakan RM 10.60. Di paket sekolah ini, pihak taman burung memberikan tiket gratis untuk 1 orang guru yang mendampingi. 

Tanya Jawab

Apakah tempat ini aman untuk pengguna kursi roda?

Ya, untuk ukuran sebuah taman tempat ini di disain dengan sangat baik dan memudahkan mobilisasi pengguna kursi roda. Memang ada sedikit tanjakan dan turunan namun masih bisa ditolerir dan tidak jadi masalah besar.

Apakah di dalam Taman Burung Kuala Lumpur terdapat transportasi di dalamnya seperti mobil golf atau kereta wisata?

Sayang sekali di tempat ini tidak terdapat alat transportasi yang membantu pengunjung mengitari seluruh taman. Namun bila anda kelelahan di sini terdapat banyak bangku-bangku yang teduh untuk beristirahat.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengelilingi seluruh area taman?

Hal ini tergantung dengan kecepatan anda berjalan dan seberapa tertarik anda untuk menyaksikan satwa di tempat ini. Menurut kesaksian beberapa pengunjung tempat ini dapat di kelilingi dalam waktu 4 jam bila anda berjalan cukup lambat. Dan sebaliknya bila anda terburu-buru anda dapat menyaksikan semuanya dalam 2-3 jam saja.

Berapa yang harus dibayarkan untuk berfoto bersama burung?

Di sini terdapat dua opsi yang dapat anda lakukan. Pertama anda dapat berfoto sendiri dengan menggunakan kamera anda, opsi ini benar-benar gratis dan anda tidak perlu membayar sepeserpun. Sementara opsi kedua di sini terdapat fotografer yang akan membantu anda berpose dengan satwa dan anda harus membayar MYR 30 atau sekitar 100 ribu Rupiah. Selain membantu anda berpose, fotografer ini juga akan memfoto anda dengan kamera professional dan mencetaknya untuk kenang-kenangan selama di sini.

Bisakah kita memberi makan burung?

Tentu saja bisa, tapi tidak dengan makanan manusia atau makanan yang anda bawa. Burung dan berbagai satwa di sini hanya boleh diberikan makanan yang sudah disediakan oleh pihak pengelola taman.

Kesimpulan

Taman Burung Kuala Lumpur adalah tempat wisata yang cukup menarik untuk didatangi jika anda singgah di Malaysia. Namun apabila anda bersama dengan anak-anak dan orang tua sebaiknya santai saja berjalan karena area di sini cukup luas

Berita Menarik Lainnya
Ipoh, Perak : Serba Serbi The Hidden Paradise Malaysia
Ipoh, Perak : Serba Serbi The Hidden Paradise Malaysia