Beragam Transportasi Umum di Kuala Lumpur Malaysia untuk menjelajah kota

Malaysia merupakan negara yang banyak dipilih orang untuk berwisata. Kekayaan alam, seni, serta budayanya seolah tak kunjung habis mengundang para pelancong untuk datang. Banyaknya jumlah kuliner nikmat yang dapat memanjakan lidah dan perut juga menjadi penguat banyak orang untuk terbang dan menikmati liburan mereka di negeri ini.

Namun, tentunya para pelancong tidak akan betah berlama-lama di Malaysia tanpa sarana transportasi yang nyaman di sana. Transportasi merupakan hal utama yang menunjang mobilitas wisatawan dari destinasi yang satu ke destinasi yang lain. Tanpa transportasi yang memadai, Malaysia sudah tentu bukan menjadi negara tujuan utama wisata.

Faktanya, banyak pelancong merasa kerasan ada di negeri ini. Transportasi di Malaysia beragam dan sangat memfasilitasi wisatawan menuju lokasi wisata. Apa sajakah transportasi yang tersedia di Malaysia? Simak ulasan tentang ragam jenis transportasi di Negeri Jiran berikut ini.

Ragam Transportasi di Kuala Lumpur

Ulasan kali ini akan fokus membahas ragam transportasi darat yang ada di Kuala Lumpur. Untuk urusan transportasi, negeri ini sendiri menangani masalah tersebut dengan sangat serius. Pemerintah Malaysia menyediakan sistem transportasi yang memadai bagi siapapun yang ingin mengelilingi ibu kota. Negara ini memang dikenal sebagai penyedia layanan transportasi yang baik.

Secara umum, transportasi darat di ibu kota Malaysia terbagi menjadi 2. Yang pertama yaitu sarana transportasi berbasis rel. KL Monorail, LRT (Light Rapid Transit), KTM Komuter, dan KLIA Express/ KLIA Transit merupakan pilihan transportasi berbasis rel di Kuala Lumpur. Selain itu, ada juga MRT yang merupakan sarana transportasi umum anyar andalan Malaysia. 

Baca Juga :  Mata Uang Malaysia Ringgit dengan Kode MYR dan Simbol RM

Sementara transportasi umum yang kedua yaitu transportasi berbasis bis. Terdapat 2 jenis bis yang dapat kamu manfaatkan jika kamu ke Kuala Lumpur. Bis tersebut yaitu Rapid-KL dan Go-KL. Keduanya dapat kamu andalkan untuk berkeliling Kuala Lumpur.

Semua jenis transportasi darat di Malaysia memiliki fasilitas yang nyaman. Meskipun merupakan transportasi umum, tapi tempat duduk, pembelian tiket, dan harga yang ditetapkan sangatlah ramah bagi pelancong. Tak heran, transportasi umum di Kuala Lumpur tak pernah sepi penumpang.

Transportasi Berbasis Rel di Kuala Lumpur

Transportasi jenis ini banyak digunakan baik oleh para pelancong maupun para warga lokal. Tiket yang ramah di kantong dan efektifitas perjalanan yang ditempuh menjadi alasan kuat mengapa transportasi jenis ini sangat diminati banyak orang. Kereta api di Kuala Lumpur bukan hanya 1 jenis, tapi banyak ragamnya. Apa sajakah jenis kereta api di ibu kota Negeri Jiran ini? Berikut ulasannya untuk kamu.

KL Monorail

KL Monorail merupakan alat transportasi di ibu kota yang hanya memiliki 1 jalur. Transportasi ini menghubungkan KL Sentral dengan Titiwangsa. Monorail memiliki 2 dan 4 rangkaian gerbong sekali jalan.

KL Monorail memiliki bangku penumpang yang ditata saling membelakangi. Selain itu, di dalam kereta juga tersedia AC, pintu otomatis, dan informasi rute kereta. Transportasi ini terbilang cukup nyaman digunakan siapapun untuk bepergian di Kuala Lumpur.

Monorail di Kuala Lumpur ini memiliki tiket yang terintegrasi dengan LRT di Stasiun Hang Tuah. Artinya, jika kamu menaiki Monorail lalu pindah ke LRT di Hang Tuah, kamu tidak usah membeli tiket lagi. Tiket KL Monorail ini dapat kamu peroleh di vending machine yang ada di stasiun-stasiun. 

LRT

LRT atau Light Rapid Transit memiliki kapasitas penumpang dan jalur yang lebih banyak daripada Monorail. Terdapat 2 jalur dari LRT, yaitu Ampang/ Sri Petaling dan Kelana Jaya. Jalur Ampang/ Sri Petaling ada yang terletak di tanah dan ada pula yang melayang. Sementara jalur Kelana Jaya hanya terletak di bawah tanah. LRT memiliki 4 gerbong. Namun, jika penumpang tidak membludak, maka gerbong yang digunakan hanya setengahnya saja.

Baca Juga :  Ipoh, Perak : Serba Serbi The Hidden Paradise Malaysia

Sama seperti Monorail, tiket LRT dapat dibeli di vending machine. Selain itu, kamu juga dapat menggunakan kartu Touch n Go (TnG) yang merupakan dompet elektronik seperti halnya Flazz di Indonesia. Jika saldonya habis, kamu dapat mengisi ulang kartu tersebut sebagai alat bayar.

KTM Komuter

KTM (Keretapi Tanah Melayu) Komuter merupakan modal transportasi kereta jarak dekat. Jika kamu ingin pergi ke Batu Caves, kamu dapat menggunakan transportasi yang satu ini. Sayangnya, kereta jenis ini tidak terintegrasi dengan Monorail maupun LRT. Jadi, kamu harus membeli tiket lagi jika ingin menaiki KTM Komuter.

Harga tiket kereta ini sangat terjangkau. Dari KL Sentral ke Batu Caves yang jaraknya jauh, kamu hanya harus membayar sejumlah RM 2.6. Meskipun harga tiketnya murah, tapi fasilitas dan pelayanan KTM Komuter sangatlah baik.

KLIA Express/ KLIA Transit

KLIA Express maupun KLIA Transit merupakan kereta yang khusus melayani rute dari dan menuju bandara KLIA dan KLIA 2. Perbedaan KLIA Express dan KLIA Transit terletak pada harga tiketnya. KLIA Express dipatok seharga RM 55 per orang. Sementara KLIA Transit harga tiketnya ditentukan oleh jarak antara stasiun tujuan atau pemberangkatan dengan bandara.

Fasilitas kereta ini sangat nyaman. Terdapat kursi yang empuk, AC, serta fasilitas WiFi. Selain itu, interior kereta pun sangat modern dan indah.

MRT

MRT atau Mass Rapid Transit adalah moda transportasi terbaru di Kuala Lumpur. Transportasi ini baru mulai dioperasikan di akhir tahun 2016. Dibandingkan moda transportasi lain, MRT merupakan kereta dengan rangkaian terpanjang dan kapasitas penumpang terbanyak.

Kuala Lumpur memiliki 1 jalur MRT yang dikenal dengan MRT Sungai Buloh-Kajang atau MRT SBK. Kereta ini dapat kamu gunakan jika ingin pergi ke Pasar Seni ataupun Bukit Bintang. Tiket MRT dapat diperoleh di vending machine

Baca Juga :  Kereta Gantung Langkawi : Naik Gondola Untuk Menikmati Langkawi dari Ketinggian

Transportasi Berbasis Bus di Kuala Lumpur

Jika kamu ingin mengelilingi Kuala Lumpur tapi tidak ingin pusing dengan jalur kereta yang bermacam-macam, kamu bisa memanfaatkan bus di kota ini. Terdapat 2 opsi bis yang bisa kamu gunakan. Rapid-KL dan KL-Go adalah bus primadona di ibu kota Malaysia ini.

Rapid-KL

Rapid-KL merupakan bis andalan sebagian besar warga Kuala Lumpur. Armadanya yang berjumlah banyak dan rute yang bervariasi menjadikannya sebagai transportasi idola warga. Jika ingin menaiki dan turun dari bis ini, kamu harus melakukannya di halte yang terletak di trotoar pinggir jalan di Kuala Lumpur.

Transaksi di bus berwarna biru putih ini dilakukan di dalam bis. Tersedia kotak kecil di dekat supir tempat kamu bisa memasukkan ongkos bis kamu. Kamu juga bisa menggunakan dompet elektronik kamu di sini. Satu hal yang pasti, bawalah uang pas saat kamu naik Rapid-KL karena supir bus tidak melayani pengembalian uang.

KL-Go

Berbeda dengan Rapid-KL yang merupakan bis berbayar, KL-Go ini merupakan bis gratis di Kuala Lumpur. Penumpang tidak ditarik biaya sepeserpun untuk berkeliling Kuala Lumpur menggunakan moda yang satu ini. Sebenarnya, pemerintah Malaysia memberikan fasilitas ini untuk para wisatawan yang mengunjungi ibu kota. Tapi, faktanya banyak sekali warga lokal yang memanfaatkan fasilitas gratis ini. Tak heran, kamu harus siap berdesakan jika menggunakan KL-Go.

Kesimpulan

Jika kamu mengunjungi Malaysia, jangan lupa catat daftar tujuan wisata kamu selama berada di Negeri Jiran ini. Pastikan kamu mengetahui harga masing-masing moda transportasi yang tersedia. Dengan demikian, tentunya kamu akan dapat mempertimbangkan transportasi mana yang sesuai budget wisata kamu. 

Berita Menarik Lainnya
Marina Bay Sands Singapore : Hotel dengan Infinity Pool yang Instagrammable Banget