Pilihan Transportasi Singapura Untuk Jalan-jalan Seru Keliling Singapore

Pilihan Transportasi Singapura Untuk Jalan-jalan Seru Keliling Singapore

Liburan ke luar negeri adalah hal yang lumrah belakangan ini. Sarana transportasi yang mudah serta murah membuat banyak orang menjadikan hal tersebut sebagai gaya hidup masa kini. Singapura merupakan salah satu negara tujuan wisata yang ramai dikunjungi para wisatawan, termasuk wisatawan asal Indonesia.

Negara Merlion tersebut terkenal memiliki tata kota yang apik meskipun negaranya tidak sebesar Nusantara. Selain itu, kotanya pun terkenal sangat bersih. Hal lain yang menjadi magnet negara ini bagi para turis tak lain dan tak bukan adalah sarana transportasinya.

Menjadi salah satu negara paling maju di Asia, tak mengagetkan jika sarana transportasi Singapura pun sangat maju. Banyak wisatawan asing yang merasa betah di sini karena mudah, aman, dan murahnya sarana transportasi umum yang disediakan pemerintah Singapura. Mereka pun merasa nyaman bepergian keliling Singapura menggunakan berbagai transportasi umum yang ada.

Singapura memiliki segala moda transportasi yang dibutuhkan semua turis. Mulai dari taksi hingga MRT semua dapat kamu temui di sini. Jika kamu berencana pergi ke Singapura, ada baiknya kamu menyimak ulasan di bawah ini mengenai berbagai jenis transportasi yang ada di negeri singa tersebut.

Taksi : Tinggal Duduk Manis Tanpa Pusing

Seperti negara lain pada umumnya, Singapura pun memiliki taksi sebagai salah satu pilihan moda transportasi untuk memangkas jarak. Kamu tidak perlu lelah menyetir kendaraan sendiri. Dengan duduk manis di kursi taksi, kamu bisa bersantai sambil menunggu tiba di destinasi tujuan kamu. 

Yang menjadi perhatian banyak orang untuk memilih moda transportasi satu ini adalah harganya yang cenderung lebih tinggi dari moda transportasi lainnya. Namun, dibandingkan kota-kota besar di dunia lainnya, tarif taksi di Singapura dapat dikatakan lebih murah. Sama seperti taksi-taksi kebanyakan, taksi di negara ini pun menggunakan argometer untuk menentukan total harga yang harus dibayar.

Baca Juga :  Monorail Kuala Lumpur : Moda Transportasi Massal Anti Macet di Malaysia

Tarif Dinamis Taksi Singapura berdasarkan Jam

Meskipun tarif taksi di Singapura cenderung lebih murah dari kota besar dunia lainnya, namun kamu harus menyiapkan uang lebih jika kamu menaiki taksi di jam-jam tertentu. Pada peak hour yang dimulai dari pukul 7 hingga 10 pagi, taksi-taksi mengenakan tambahan tarif 25%. Jika kamu menaiki taksi di antara pukul 9 malam hingga sekitar jam 5 pagi, kamu bahkan akan dikenakan tambahan biaya 50%.

Memesan Taksi

Untuk mendapatkan taksi, kamu dapat memesannya melalui telepon ke nomor 6- DIAL CAB (6342-5222) yang merupakan nomor telepon pusat panggilan taksi. Cara lainnya yaitu kamu dapat pergi ke tempat pemberhentian taksi. Beberapa lokasi mengijinkan memberhentikan taksi di jalan, namun beberapa lainnya mengharuskan kamu pergi ke pemberhentian taksi terdekat.

Bis : Moda Transportasi Umum Murah Meriah

Jika kamu mencari moda transportasi yang murah meriah di Singapura, bis adalah jawabannya. Jangan salah, meskipun merupakan bis umum dan murah, namun bis di Singapura sangatlah nyaman. Hampir semua armadanya dilengkapi dengan penyejuk udara sehingga kamu tak perlu khawatir kepanasan.

Bukan hanya murah, bis juga merupakan moda transportasi yang dapat menjangkau banyak titik di Singapura, bahkan lebih banyak daripada MRT. Selain itu, dengan menaiki bis, kamu juga akan dapat melihat-lihat pemandangan indah selama perjalanan kamu. Bagaimana? Apakah kamu tertarik mencoba moda transportasi satu ini? Simak langkah-langkah menaiki bis di Singapura berikut ini.

Tentukan tujuan kamu.

Terdapat peta jalur bis beserta jadwal keberangkatannya di berbagai halte. Naikilah bis dengan nomor yang sesuai destinasi kamu. Jika kamu ingin informasi yang lebih jelas, kamu dapat mengunduh aplikasi SG Buses di telepon pintarmu. Aplikasi tersebut berisi segala informasi mengenai halte yang harus kamu tuju, nomor bis, jadwal bis, daftar halte yang dilewati, dan banyak informasi berguna lainnya.

Baca Juga :  Cara Menggunakan JR Pass di Jepang untuk Menghemat Ongkos Transportasi

Menaiki bis dari pintu depan.

Ketika naik, jangan lupa untuk menempelkan kartu EZ-Link atau STP (Singapore Tourists Pass) kamu di dekat supir. Kalau kamu memilih membayar dengan uang tunai, tanyakan tarifnya kepada supir. Tapi, pastikan uang yang kamu bawa pas karena bis di Singapura tidak melayani uang kembalian.

  1. Jika halte tujuan kamu sudah dekat, pencet tombol merah yang ada di tiang-tiang dekat kursi bis. Tombol ini akan memberitahu supir jika kamu akan turun di halte terdekat.
  2. Turun dari pintu tengah (atau depan jika sedang penuh) dan membayar ongkos bis.

Ketika turun, jangan lupa untuk menempelkan kembali kartu sakti kamu. Dengan begitu, saldo kartu kamu akan otomatis terpotong sesuai tarif dari perjalanan bis yang kamu tempuh.

Mass Rapid Transit (MRT)

Transportasi masal yang satu ini memiliki banyak sekali penggemar di Singapura. Selain karena mudah, murah, dan nyaman, MRT juga menjangkau banyak sekali destinasi wisata terkenal di Singapura. Kamu hanya perlu turun di stasiun terdekat dan berjalan kaki menuju destinasi yang kamu tuju.

Untuk menaiki MRT, kamu dapat membeli tiket untuk sekali jalan dengan uang tunai. Tiket ini bisa didapatkan di vending machine yang terdapat di semua stasiun MRT. Setelah menentukan tujuan, jumlah tiket, dan membayar, mesin tersebut akan mengeluarkan tiket sekali pakai yang berbentuk kartu.

Namun, jika kamu berencana mengelilingi Singapura dengan menggunakan moda transportasi satu ini, akan lebih hemat jika kamu menggunakan kartu prabayar EZ-Link atau STP, seperti halnya alat transaksi pada bis. Kartu sakti ini banyak tersedia di kantor tiket TransitLink di banyak stasiun MRT. Terdapat beberapa pilihan isi ulang kartu yang dapat kamu pilih sesuai kebutuhan transportasi kamu.

Baca Juga :  Beragam Moda Transportasi di Thailand Yang Dapat Dimanfaatkan Wisatawan

Light Rapid Transit (LRT)

Mirip dengan MRT, moda transportasi satu ini juga berbasis kereta. Hanya saja, LRT memiliki kapasitas penumpang yang lebih sedikit dibanding MRT. Tak mengherankan, karena gerbong LRT hanya berjumlah 1 atau 2 saja.

Jika MRT menjangkau hampir semua destinasi favorit di tengah jantung kota Singapura, maka LRT memiliki cakupan wilayah yang terbalik dengan MRT. LRT memiliki tujuan serta daerah operasional di kawasan yang lebih menjauh dari pusat kota Singapura. Tak ayal, jika kamu menaiki LRT, kamu akan dapat melihat pemandangan indah, hijau, dan sepi yang jauh dari hiruk-pikuk perkotaan.

Sky Train : Transportasi Khusus Bandara

Sky Train merupakan sarana transportasi andalan di dalam bandara Changi. Transportasi yang satu ini menghubungkan seluruh terminal yang ada di bandara cantik tersebut. Jadi, untuk pergi dari terminal satu ke terminal lainnya, kamu tidak perlu berjalan kaki. Dan yang terpenting, moda transportasi satu ini tidak berbayar alias gratis.

Selain menghubungkan seluruh terminal di bandara, Sky Train juga dapat kamu gunakan jika kamu ingin menggunakan MRT yang terdapat di Changi Airport. Tak perlu repot, cukup naik Sky Train dan pergi ke terminal 2 bandara dimana MRT siap mengantar kamu keliling Singapura. Kamu tidak perlu menunggu lama untuk memanfaatkan sarana ini karena Sky Train akan muncul setiap3 menit sekali.

Kesimpulan

Bagi wisatawan, pengetahuan akan berbagai transportasi umum yang tersedia di negara tujuan adalah wajib hukumnya. Dengan mengetahui seluk-beluk segala transportasi yang ada, liburan pun akan terasa lebih mudah, murah, nyaman, dan menyenangkan. Jadi, transportasi mana di Singapura yang siap kamu coba?  

Berita Menarik Lainnya
Pilihan Transportasi Singapura Untuk Jalan-jalan Seru Keliling Singapore
Jelajahi Keajaiban Dunia Bawah Laut di DisneySea Tokyo
error: Kontent dilindungi !!