Beragam Moda Transportasi di Thailand Yang Dapat Dimanfaatkan Wisatawan

Beragam Moda Transportasi di Thailand Yang Dapat Dimanfaatkan Wisatawan

Thailand menjadi salah satu destinasi favorit untuk berliburan. Harga serta akomodasi di negara tersebut yang tergolong ramah di kantong membuat para backpacker betah berada di Thailand. Transportasi di sini pun termasuk maju untuk ukuran negara Asia Tenggara. Tak mengherankan, nama Thailand semakin harum di telinga para wisatawan Asia maupun dunia.

Transportasi suatu negara memang menjadi salah satu pertimbangan para wisatawan untuk singgah. Moda transportasi yang memadai tentu saja memudahkan mobilitas dalam mengelilingi sudut-sudut kota. Tanpa sarana transportasi yang lengkap, biaya perjalanan biasanya cenderung semakin membengkak.

Ragam Transportasi Umum Thailand

Thailand memiliki beragam transportasi umum yang dapat diandalkan jika kamu berwisata di sana. Mulai dari moda transportasi berbasis rel hingga sarana transportasi tradisional, semua dapat kamu temui di Bangkok, ibu kota Thailand. Alat transportasi tersebut tentu saja memudahkan para wisatawan mencapai lokasi-lokasi favorit di ibu kota.

Tidak hanya lengkap, berbagai sarana transportasi di Thailand tergolong nyaman. Modernisasi di negara ini telah membawa banyak kemajuan pada moda transportasi di negara 1000 kuil ini. Apa saja moda transportasi tersebut? Simak ulasannya di bawah ini.

BTS (Bangkok Train System

BTS disebut juga dengan Skytrain di Bangkok atau rot fai fa dalam Bahasa asli negara ini. Hal ini dikarenakan lintasan rel BTS yang melayang di seantero ibu kota. Seperti halnya MRT, BTS juga merupakan sarana transportasi masal di Thailand. Moda transportasi yang diresmikan sejak akhir tahun 1999 ini telah memberikan transformasi yang cukup signifikan pada wajah transportasi Thailand.

Beragam Moda Transportasi di Thailand Yang Dapat Dimanfaatkan Wisatawan
Stasiun BTS atau Skytrain di Bangkok

Hingga saat ini, BTS hanya memiliki 2 jalur utama, yaitu Silom Line dan Sukhumvit Line. Kedua area ini memang merupakan kawasan bisnis sibuk dan utama di ibu kota. Tak mengherankan jika transportasi andalan ini dibangun dan bermula di kawasan ini.

Baca Juga :  Cara Membuat SIM Internasional dan Paspor Kendaraan Agar bisa Nyetir di Luar Negeri

Stasiun Siam merupakan stasiun yang menjadi pertemuan dari 2 jalur tersebut. Tak ayal, stasiun ini menjadi stasiun yang sangat sibuk dan ramai. Orang-orang naik dan turun dari BTS, berganti peron, ataupun naik dan turun eskalator.

Tiket BTS dapat diperoleh dengan 2 cara, yaitu dengan membeli di loket secara langsung dan membelinya di mesin otomatis (vending machine). Jika kamu ingin membeli di vending machine, pastikan kamu membawa uang koin karena transaksi menggunakan mesin ini hanya dapat dilakukan dengan pecahan uang tersebut. Sama seperti di Singapura atau Malaysia, vending machine akan mengeluarkan kartu yang harus kamu tempel ketika memasuki entry dan exit gate.

Tidak perlu khawatir tersesat jika kamu menaiki BTS karena tersedia banyak peta yang menunjukkan pemberhentian BTS di stasiun maupun di dalam kereta. Selain kemudahan informasi, transportasi satu ini juga banyak digemari wisatawan karena armadanya yang nyaman. Penyejuk ruangan tersedia di setiap gerbongnya.

MRT (Mass Rapid Transit)

MRT di negeri gajah ini terdiri dari 2 jenis berdasarkan jalur lintasannya, yaitu MRT Blue Line dan MRT Purple Line. MRT Blue Line terletak di bawah tanah sehingga di sebut juga sebagai subway. MRT yang satu ini terintegrasi dengan beberapa stasiun BTS sehingga memudahkan wisatawan untuk menjangkau lokasi wisata di Bangkok. Namun, karena kedua sistem transportasi ini belum terintegrasi secara sempurna, maka tiket keduanya harus dibeli secara terpisah.

MRT Purple Line memiliki lintasan yang melayang layaknya lintasan BTS. MRT jenis ini baru saja diresmikan pada akhir tahun 2016. Namun, karena wilayah yang dijangkau MRT ini bukan kawasan wisata, maka MRT Purple Line jarang digunakan para wisatawan asing di Bangkok.

Sama seperti BTS, tiket MRT dapat diperoleh di vending machine yang ada di stasiun-stasiun MRT. Jika kamu hendak menggunakan MRT, siapkan kaki kamu karena jarak dari pintu masuk dan peron biasanya sangat jauh. Meskipun demikian, stasiun MRT memiliki pengamanan dan fasilitas yang lebih aman dan nyaman dari kebanyakan stasiun BTS. 

Baca Juga :  Pasar Chatuchak : Berburu Barang Seni di Weekend Market Bangkok

ARL (Airport Rail Link)

ARL merupakan transportasi yang memiliki rute dari dan ke bandara internasional Thailand Suvarnabhumi menuju pusat kota Bangkok. Kereta api yang satu ini memiliki 3 stasiun pemberhentian, yaitu Stasiun Makassan, Ratchaprarop, serta Phaya Thai. Kamu bisa memilih salah satu stasiun tersebut yang terdekat dengan tempat menginap kamu atau destinasi wisata yang ingin dituju.

Moda transportasi berbasis rel yang satu ini resmi beroperasi sejak Agustus, 2010. Pemerintah Thailand memberikan fasilitas ini kepada para tamu di bandara internasionalnya guna menghindari kemacetan di jalur darat menuju Bangkok. Kereta ini dapat membawa kamu sejauh 28.6 km dengan waktu singkat hanya sekitar 30 menit saja.

Chao Praya Express

Bangkok bukan hanya terkenal akan kuil, wisata kuliner, serta wisata belanjanya saja. Ibu kota Thailand ini juga terkenal karena memiliki sungai besar yang bersih dari sampah rumah tangga. Karena hal tersebut, orang-orang di Thailand memanfaatkan sungai sebagai jalur transportasi.

Chao Praya Express merupakan perahu motor yang dapat membawa kamu ke beberapa lokasi ikonik di Bangkok seperti Wat Arun dan Wat Pho. Terdapat dermaga-dermaga dimana kamu bisa mendapatkan tiket untuk menaiki perahu tersebut. Tapi, jangan kaget jika kamu harus berdesak-desakkan karena Chao Praya Express memang menjadi salah satu moda transportasi favorit warga lokal dan wisatawan asing.

Bis Kota dan BRT (Bus Rapid Transit)

Terdapat 2 jenis bis di Bangkok, yaitu bis kota dan BRT (Bus Rapid Transit). Bis kota ini jika disamakan dengan transportasi dalam negeri sangat mirip dengan Kopaja di Jakarta. Armada bis ini tidak bisa dikatakan baru dan modern. Banyak bis yang kondisinya sudah tua. Namun, bis yang beroperasi semuanya masih layak dan nyaman untuk digunakan.

Baca Juga :  Pilihan Transportasi di Jepang untuk Kamu yang Doyan Traveling

BRT memiliki jalur bis tersendiri seperti busway di negara kita. Namun, BRT di Bangkok masih terbatas hanya memiliki satu jalur saja. Pemerintah Thailand masih menggodok rencana penambahan jalur untuk moda transportasi yang satu ini. 

Taksi

Seperti halnya negara lain di dunia, Thailand pun memiliki taksi sebagai salah satu alat transportasinya. Terdapat taksi konvensional dan juga taksi online di ibu kota. Tarif yang diterapkan taksi di negara ini cukup terjangkau. Sekali membuka pintu, argo akan menunjukkan angka 35 Baht sebagai tarif awal. 

Tuk Tuk

Tuk Tuk merupakan alat transportasi yang menjadi signature Thailand. Meskipun sudah banyak bermunculan berbagai alat transportasi modern, pamor Tuk Tuk masih tinggi di negara ini. Banyak wisatawan yang memilih Tuk Tuk untuk berkeliling Bangkok.

Beragam Moda Transportasi di Thailand Yang Dapat Dimanfaatkan Wisatawan
Tuktuk di Bangkok

Tuk Tuk atau sam lor dalam bahasa lokal merupakan bajajnya Bangkok. Kendaraan beroda tiga ini memiliki atap namun tidak tertutup di bagian samping-sampingnya. Moda transportasi ini dapat mengangkut 3 penumpang dengan berat standar sekaligus. Tapi, jangan lupa menawar harga ya jika kamu ingin menaiki Tuk Tuk.

Songthaew

Sama seperti Tuk Tuk, Songthaew juga merupakan alat transportasi tradisional khas Thailand. Kendaraan yang satu ini merupakan angkotnya Thailand. Terdapat rute-rute tertentu yang menjadi tujuan Songthaew. Rute tersebut tertulis dalam bentuk nomor di bagian depan kendaraan ini. Jika ingin menaiki Songthaew, jangan lupa siapkan pecahan Baht dalam jumlah kecil.

Kesimpulan

Sarana transportasi Thailand yang cukup lengkap dan beragam menjadikan para wisatawan betah berlama-lama di negara cantik ini. Jika kamu berencana datang ke sini, jangan lupa untuk terlebih dulu mencari tahu mengenai ragam transportasi di negara ini. Dengan begitu, kamu tidak akan kaget dan bingung ketika sampai di Bangkok. 

Berita Menarik Lainnya
Kawaguchiko : Menyaksikan Pantulan Pemandangan Gunung Fuji di Danau Kawaguchi
Kawaguchiko : Menyaksikan Pantulan Pemandangan Gunung Fuji di Danau Kawaguchi
error: Kontent dilindungi !!