Cicipi Makanan Singapura yang Unik dan Autentik

Panduan Mengajukan Visa Thailand dan Syarat Lengkap Serta Biaya

Bagi Anda yang pernah berkunjung ke luar negeri tentu tidak asing dengan istilah visa. Visa adalah sebuah dokumen resmi atau tanda bukti yang akan diperlukan saat Anda hendak berkunjung ataupun memasuki wilayah negara lain dalam periode waktu tertentu. Biasanya visa ini akan diperlihatkan saat Anda masuk ke negara melalui pintu masuk para imigrasi, baik itu berupa pelabuhan laut, udara maupun jalur perbatasan darat.

Oleh sebab itu, jangan heran jika Anda ingin melakukan perjalanan ke negara lain, seperti Thailand. Maka Anda wajib mengajukan visa melalui kedutaan ataupun konsulat Jenderal Thailand, baik itu untuk urusan bisnis, studi, pengobatan, investasi maupun bekerja. Lebih jelasnya lagi mengenai pengajuan visa Thailand bagi traveler yang ingin tinggal lebih lama, maka Anda wajib menyimak ulasan berikut ini:

Informasi Visa Thailand

Perlu Anda ketahui, bagi wisatawan asing yang ingin berkunjung ke Thailand untuk urusan bisnis, pengobatan, investasi, studi maupun berkaitan dengan pekerjaan lainnya tetap harus mengajukan visa melalui Kedutaan ataupun Konsulat Jenderal Thailand. Pada dasarnya Thailand telah memberlakukan kebijakan bebas visa bagi sejumlah negara yaitu 52 negara, termasuk Indonesia dengan syarat kunjungan wisata yang singkat.

Kebijakan bebas visa bagi sejumlah negara ini juga memiliki batas kunjungan yaitu maksimumnya ialah 30 hari, apabila memasuki wilayah Thailand melalui bandara Internasional dan 15 hari apabila memasuki  wilayahnya melalui jalur perbatasan darat.

Selain memiliki kebijakan bebas visa untuk 52 negara, Thailand juga sudah memberlakukan Visa On Arrival bagi 19 negara. Beberapa negara yang sudah memperoleh Visa on Arrival dari Thailand ialah seperti:

  • Bhutan
  • China
  • Cyprus
  • Chezh Republik
  • India
  • Kazakhstan
  • Latvia
  • Lithuania
  • Liechtenstein
  • Maldives
  • Mauritius
  • Poland
  • Saudi Arabia
  • Slovenia
  • Slovakia
  • Taiwan
  • Ukraine
Baca Juga :  Madame Tussauds Thailand : Museum Patung Lilin dengan Berbagai Kejutan

Nah, sejumlah negara yang sudah memperoleh visa on arrival tersebut juga harus sesuai dengan syarat yang sudah ditentukan, yaitu:

  • Visa hanya berlaku khusus untuk kunjungan wisata.
  • Mempunyai tiket pulang bisa di tunjukkan dalam jangka waktu 15 hari maupun 30 hari setelah kunjungan ke Thailand.
  • Memperlihatkan bukti memiliki uang sebesar 10.000 bath per orangnya atau bahkan 20.000 baht per keluarga.

Pada dasarnya biaya pembuatan visa on arrival ini ialah sebesar 1000 baht. Meskipun begitu, harga tersebut bisa saja berubah sewatku-waktu. Untuk itu, Anda harus selalu mencari informasi terbaru terkait pengajuan visa agar tidak keliru dalam proses pengajuan visa Thailand.

Single Entry Tourist Visa

Pada dasarnya visa turis ini hanya berlaku untuk tujuan liburan ke Thailand hanya sekali dalam tiga bulan sejak tanggal diterbitkan visa tersebut. Single Entry Tourist Visa ini bisanya memiliki masa tinggal yang tidak lebih dari 60 hari di Thailand.

Multiple Entry Tourist Visa

Multiple Entry Tourist Visa ini juga berlaku untuk liburan ke Thailand, namun dengan jangka yang lebih lama yaitu dalam waktu 6 bulan sejak tanggal visa diterbitkan. Mengenai periode tinggalnya, visa ini memiki batas maksimum 60 hari per tinggal per entrinya. Perlu Anda ketahui, para pemegang visa ini tetap bisa memasuki wilayah Thailand selama visa tersebut masih berlaku. Multiple Entry Tourist Visa hanya diberikan kepada WNI ataupun para pelamar KITAP dan KITAS.

Siapa Saja Yang Butuh Visa?

Bangkok atau juga dikenal sebagai Negeri Gajah Putih memang menjadi salah satu destinasi favorit bagi para traveler asal Indonesia, apalagi untuk memasuki wilayah ini sangatlah mudah karena proses imigrasinya tanpa visa. Meskipun begitu, perlu Anda ketahui tidak semua orang yang memasuki wilayah Thailand ini akan bebas visa. Pasalnya para reporter dan pebisnis harus menggunakan visa meskipun mereka hanya melakukan kunjungan berapa hari pun.

Baca Juga :  Floating Market Pattaya : Pengalaman Jajan dan Belanja dari atas Kapal

Pengajuan visa bagi para pebisnis ataupun reporter tersebut dapat dibuat apabila para WNI hendak melakukan pekerjaan di Thailand, salah satunya seperti membuat pertemuan bisnis ataupun meliput suatu acara. Visa untuk keperluan bisnis ini biasanya hanya berlaku selama dua bulan dan jika Anda ingin memperoleh visa tersebut maka Anda harus membayar sekitar US$ 80 atau sekitar Rp 776.000.

Nah, bagi Anda yang bertanya mengenai ketentuan bebas visa Thailand. Maka patut mengetahui ketentuan bebas visa Thailand ini hanya bertujuan untuk liburan saja. Sehingga tidak mengherankan bagi Anda yang ingin melakukan liburan ke Thailand dalam rangka liburan singkat maka akan dibebaskan visanya. Bahkan itu Anda para pebisnis dan reporter pun jika ingin berkunjung ke Thailand dalam rangka liburan juga tidak perlu membuat visa.

Perlu diketahui, bagi warga negara Indonesia (WNI) dapat melakukan kunjungan ke Thailand dengan bebas visa apabila Anda hanya melakukan liburan dengan jangka waktu masa tinggalnya maksimal 30 hari. Nah, jika Anda ingin melakukan kunjungan ke Thailand dalam jangka waktu yang lebih lama maka sebaiknya Anda mengajukan visa ataupun membuat visa kunjungan. Hal ini sangat penting untuk Anda pertimbangkan agar saat Anda liburan di Thailand bersama keluarga tidak terganggu dengan penangkapan diri Anda dan keluarga oleh petugas imigrasi.

Cara Membuat Visa Turis Thailand

Thailand memang menjadi destinasi wisata luar negeri bebas visa bagi sejumlah negara, termasuk bagi warga negara yang memegang paspor Indonesia. Para wisatawan yang berkunjung ke Thailand akan memperoleh bebas visa  maksimalnya 30 hari. Nah, bagi Anda yang ingin berlibur ke Thailand dalam jangka waktu lebih lama, ada baiknya mengajukan permohonan visa turis.

Baca Juga :  Mata Uang Thailand Baht Dengan Kode THB dan Simbol ฿

Umumnya visa turis ini biasanya diberikan kepada wisatawan yang ingin menetap lebih lama di Thailand dalam rangka liburan tidak lebih dari 60 hari kunjungan. Pada dasarnya, visa turis terbagi ke dalam dua jenis. Untuk lebih jelasnya berikut dua jenis visa turis yang bisa para traveler pilih sesuai dengan kebutuhan, yaitu:

Dokumen Yang Disyaratkan Untuk Mengajukan Visa Traveler Thailand

Bagi Anda yang inggin membuat visa traveler Thailand maka wajib melengkapi dan menyediakan beberapa dokumen penting yang nantinya akan Anda perlukan. Beberapa dokumen yang disyaratkan untuk membuat visa traveler Thailand ialah sebagai berikut:

  • Formulir aplikasi visa dan foto (formulir aplikasi visa yang sudah dilengkapi dan ditantangi, serta 2 lembar foto terbaru berukuran 3,5 x 4,5 cm)
  • Paspor (yang berlaku tidak kurang dari enam bulan)
  • Tiket perjalanan yang bisa dikonfirmasi masuk serta keluar dari Thailand.
  • Bukti keuangan yang memadai, seperti:
  • Visa turis tunggal masuk: menunjukkan laporan bank dengan uang setidaknya Rp 8.000.000 per orang dan Rp 16.000.000 sekeluarga, atau setara dengan USD 700 per orang serta USD 1.400 per keluarganya.
  • Multiple Entry Tourist visa: Laporan bank menunjukkan setidaknya memiliki uang Rp 80.000.000 atau USD 7.000 selama 6 bulan terakhir serta letter of employment.
  • Bukti akomodasi yang dikonfirmasi di Thailand, seperti:
  • Pemesanan hotel
  • Surat sponsor dari tuan rumah, baik itu berupa salinan kartu identitas tuan rumah, paspor, izn tinggal serta bukti kepemilikan akomodasi.
  • Salinan Izin Tinggal Sementara (KITAS) atau Izin Tetap Permanen (KITAP) dengan memiliki masa berlaku minimalnya 6 bulan.
  • Biaya aplikasi (hanya dalam bentuk tunai dengan mata uang Rupiah Indonesia dan tidak dapat dikembalikan).
  • Visa turis tunggal masuk: Rp 560.000
  • Visa turis masuk ganda: Rp 2.800.000

Kesimpulan

Demikianlah beberapa ulasan terkait panduan mengajukan visa Thailand bagi para traveler yang ingin melakukan kunjungan liburan lebih lama di Thailand. Semoga sukses ya pengajuan aplikasi visanya dan semoga kamu bisa menikmati jalan-jalan yang menyenangkan di Thailand.

Berita Menarik Lainnya
Dataran Merdeka : Ruang Terbuka Hijau Penuh Sejarah Kemerdekaan Malaysia
Dataran Merdeka : Ruang Terbuka Hijau Penuh Sejarah Kemerdekaan Malaysia
error: Kontent dilindungi !!