Zoo Negara : Kebun Binatang Pertama di Malaysia

Zoo Negara : Kebun Binatang Pertama di Malaysia

Jika kamu bertandang ke Malaysia dengan formasi keluarga lengkap, kebun binatang dapat menjadi salah satu destinasi paling tepat dalam liburanmu. Bukan hanya menyenangkan, tapi mengajak buah hati ke kebun binatang dapat juga dijadikan sarana edukasi untuk mengenal berbagai macam fauna. Zoo Negara dengan koleksi hewannya yang lengkap merupakan destinasi yang sempurna untuk tujuan tersebut.

Mengenal Zoo Negara

Zoo Negara atau National Zoo merupakan kebun binatang yang pertama di Malaysia. Pendirian kebun binatang ini bermula dari dibentuknya miniatur kebun binatang pada acara eksibisi yang diadakan oleh asosiasi agri-hortikultur Malaysia (MAHA) pada 1957. Antusiasme masyarakat Malaysia yang tinggi pada saat itu memunculkan ide untuk membentuk kebun binatang sungguhan di Negeri Jiran.

zoo negara entrance
Pintu masuk Zoo Negara

Pada 14 November 1963, Ulu Kang di Selangor dipilih sebagai lokasi Zoo Negara. Perdana Menteri Malaysia yang pertama, Y.T.M. Tunku Abdul Rahman mengesahkan pendirian kebun binatang ini. Tanggal tersebut juga menandakan dibukanya kebun binatang ini untuk publik.

44 hektar lahan yang ditempati kebun binatang ini dimanfaatkan sedemikian rupa bagi akses jalan dan rumah para hewan di sini. Zoo Negara berkomitmen untuk memberikan tempat tinggal yang nyaman bagi para penghuninya. Area yang ditempati hewan-hewan tersebut didesain semirip mungkin dengan habitat asli hewan di alam bebas. 

Zoo Negara memiliki ragam hewan yang sangat banyak. Terdapat total lebih dari 5.000 hewan di kebun binatang ini yang berasal dari 450 spesies lebih. Berbagai jenis mamalia, reptil, amfibi, burung, dan ikan memperkaya koleksi kebun binatang pertama dan utama di Malaysia ini. 

Apa Saja yang Bisa Dilakukan di Zoo Negara?

Zoo Negara merupakan kebun binatang yang sangat luas di Malaysia. Di sini, kamu dan keluarga tidak hanya bisa melihat dan mengenal berbagai macam hewan, tapi kamu juga dapat melakukan berbagai aktivitas menarik lainnya. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

Memberi makan hewan

Jika sekedar melihat saja belum cukup, maka kamu dan keluarga dapat juga memberi makan hewan di kebun binatang ini untuk dapat semakin mengenal hewan tersebut. Anak-anak akan diajari cara memberi makan anak jerapah, rusa, dan anak-anak hewan lainnya. Hal ini tentunya akan menjadi pengalaman tak terlupakan bagi mereka.

Sayangnya, kegiatan memberi makan hewan tidak bisa dilakukan setiap hari. Kegiatan ini hanya diadakan pada akhir pekan dan libur nasional saja. Jadwal kegiatan ini dimulai pukul 12 hingga 1 siang waktu setempat. Namun, untuk memberi makan rusa, jadwalnya dimulai pukul 2 hingga 3 sore.

Menonton pertunjukkan hewan

Di Kebun Binatang yang terletak di Kuala Lumpur ini, kamu pun dapat menyaksikan pertunjukkan yang bintang utamanya adalah para hewan. Singa laut, burung kakak tua, dan berbagai hewan lainnya akan unjuk kebolehan dengan menampilkan kecerdasan mereka memahami berbagai instruksi. Pertunjukkan ini berlangsung setiap hari dari pukul 11 siang hingga 3 sore. Sementara pada hari Jumat, pertunjukkan berlangsung hingga 3.30 sore. 

Berkeliling Zoo Negara dengan trem 

Mengelilingi kebun binatang yang luas tentunya akan sangat melelahkan, bukan? Namun, kamu tak perlu khawatir karena ada kereta trem yang siap mengantar kamu berkeliling. Tentunya akan ada biaya tambahan untuk fasilitas ini ya. Orang dewasa akan dikenakan biaya RM 11 sementara anak-anak RM 9.

Baca Juga :  Petaling Jaya : Kota Satelit Kuala Lumpur yang bisa jadi Alternatif Wisata Malaysia

Menikmati pemandangan Zoo Negara

Zoo Negara merupakan kebun binatang dengan banyak pohon rindang di dalamnya. Berkunjung ke sini, kamu dapat duduk santai sambil menikmati hijaunya lingkungan di sini. Selain itu, kamu juga dapat duduk-duduk di sekitar danau kebun binatang ini. 

Tiket Masuk dan Jam Operasional

Kebun binatang pertama di Malaysia ini dapat kamu kunjungi setiap hari. Kebun binatang ini dibuka mulai pukul 9 pagi hingga pukul 5 sore waktu Malaysia. Untuk tiap wisatawan yang masuk ke sini, akan dikenakan biaya masuk dengan menggunakan mata uang RInggit Malaysia sebesar RM 61. Sementara anak-anak usia 3 hingga 12 tahun biayanya hanya RM 33. Harga tiket masuk bagi wisatawan di luar kawasan ASEAN dibanderol lebih tinggi lagi.

Cara Menuju Zoo Negara

Untuk menuju lokasi ini, kamu dapat menggunakan LRT dengan menaiki Kelana Jaya Line menuju stasiun Wangsa Maju. Dari stasiun tersebut, kamu dapat menggunakan taksi atau bis RapidKL nomor U34. Kamu dapat langsung turun di depan kebun binatang. 

Kesimpulan

Mengunjungi kebun binatang merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan. Di kebun binatang ini, kegiatannya yang bervariasi tentu saja akan sangat menghibur dan mengedukasi siapapun yang datang. Siapkan alas kaki yang nyaman jika kamu berkunjung kesini karena area Zoo Negara sangatlah luas. 

Berita Menarik Lainnya
Cicipi Makanan Singapura yang Unik dan Autentik
Pilihan Transportasi di Jepang untuk Kamu yang Doyan Traveling
Font Resize